PKS: Peluang Koalisi dengan NasDem dan Demokrat Sangat Besar!

Anies Baswedan masuk dalam radar capres PKS

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Partai Keadilan Sosial (PKS), M Kholid, mengatakan pihaknya kini sedang mematangkan koalisi dengan NasDem dan Demokrat menuju pemilu 2024. Menurutnya, pintu koalisi sudah terbuka lebar.

"Peluang terjadinya koalisi PKS, NasDem, Demokrat besar. Meskipun, PKS tidak menutup komunikasi dengan partai lainnya," ujar Kholid kepada IDN Times, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga: Selain AHY-Anies, Demokrat Anggap 2 Tokoh PKS Ini Figur Perubahan

1. Nama Anies masuk radar ketiga partai

PKS: Peluang Koalisi dengan NasDem dan Demokrat Sangat Besar!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kholid mengatakan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, masuk dalam radar calon presiden (capres) 2024, ketika PKS bertemu dengan NasDem dan Demokrat. Menurutnya, nama Anies juga masuk dalam aspirasi kader PKS.

"Tapi, dari masing-masing partai juga muncul nama-nama lain, seperti PKS juga munculkan beberapa alternatif nama, seperti Salim (Segaf), Ahmad Heryawan, Hidayat Nurwahid, Sohibul Iman dan Ahmad Syaikhu sebagai beberapa nama yang bisa dijadikan bahan diskusi di tim koalisi," kata dia.

Baca Juga: Panas! PKS vs PDIP di Rapat Paripurna DKI Soal BBM: Kami Punya Hak

2. Demokrat usulkan AHY jadi capres

PKS: Peluang Koalisi dengan NasDem dan Demokrat Sangat Besar!Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dalam komunikasi itu, kata Kholid, Demokrat juga mengusulkan nama ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai capres 2024. Menurutnya, ketiga partai politik itu masih membuat formulasi pasangan capres-cawapres 2024.

"Kalau Demokrat usulkan AHY. NasDem selain Anies Baswedan, juga usulkan Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa (Panglima TNI)," ucap dia.

3. Kriteria capres PKS

PKS: Peluang Koalisi dengan NasDem dan Demokrat Sangat Besar!Logo baru PKS (Dok. PKS)

Lebih lanjut, Kholid menjelaskan kriteria capres yang nantinya diusung PKS. Salah satunya berjiwa nasional religius.

Berikut kriterianya:

1. Pasangan nasionalis religius
2. Potensi menangnya tinggi
3. Kapasitas memimpin negeri bagus
4. Pasangan yang menjadi simbol perubahan.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya