Bahas Gaza, Jokowi Akan Hadiri KTT Luar Biasa OKI di Arab Saudi

Jokowi keesokan harinya terbang ke Amerika Serikat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), yang digelar di Riyadh, Arab Saudi, Minggu, 12 November 2023, untuk membahas serangan Israel ke Gaza, Palestina.

"Presiden direncanakan akan hadir pada KTT Luar Biasa OKI untuk bahas Gaza," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, kepada wartawan, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Tak Ada yang Bisa Intervensi Pemilu 2024

1. Jokowi langsung terbang ke Amerika usai dari Saudi

Bahas Gaza, Jokowi Akan Hadiri KTT Luar Biasa OKI di Arab SaudiPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Setelah membahas masalah Gaza di Arab Saudi, keesokan harinya, Senin, 13 November 2023, Jokowi diagendakan sudah berada di Amerika Serikat.

"Ya, memang Presiden Joe Biden mengundang Presiden Jokowi untuk kunjungi Washington DC, 13 November 2023. Undangan ini sudah disampaikan beberapa bulan yang lalu," ucap dia.

Baca Juga: KSAD Agus Subiyanto Ungkap Kedekatan dengan Jokowi Saat di Solo

2. Presiden Iran juga akan ke Saudi

Bahas Gaza, Jokowi Akan Hadiri KTT Luar Biasa OKI di Arab SaudiPresiden Iran Ebrahim Raisi (commons.wikimedia.org)

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, disebut akan hadir pada KTT Luar Biasa OKI. Ini akan menjadi kunjungan pertama Raisi ke Saudi sejak kedua negara sepakat menyambung kembali hubungan diplomatik mereka yang putus selama tujuh tahun.

“Presiden Iran diperkirakan akan menghadiri KTT Luar Biasa OKI,” sebut seorang sumber dari Kantor Kepresidenan Iran, dikutip dari Mehr, Selasa (7/11/2023).

KTT Luar Biasa OKI akan digelar setelah pertemuan darurat Liga Arab yang juga akan digelar di Ibu Kota Riyadh. Kedua pertemuan ini akan membahas kondisi Gaza dan merumuskan langkah-langkah terbaru untuk menghentikan serangan Israel ke Gaza.

3. Korban tewas di Gaza lebih dari 10 ribu orang

Bahas Gaza, Jokowi Akan Hadiri KTT Luar Biasa OKI di Arab Saudiilustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Satu bulan sudah Gaza digempur Israel. Per Selasa, Kementerian Kesehatan Palestina menyebut 10.165 orang telah tewas di Jalur Gaza.

Dilansir dari Wafa Agency, sebanyak 27 ribu orang juga dilaporkan terluka. Korban tewas dan terluka ini pun tidak hanya ada di Jalur Gaza, tetapi juga di Tepi Barat.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya