Jokowi Tegaskan Tak Ada yang Bisa Intervensi Pemilu 2024

Jokowi minta tindak tegas bila ada pelanggaran

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjawab anggapan miring terkait penyelenggaraan Pemilu 2024 bisa diintervensi. Menurutnya, gelaran pesta demokrasi itu tak bisa diintervensi.

"Banyak yang menyampaikan bahwa pemilu kita ini gampang diintervensi. Diintervensi dari mana? Di setiap TPS itu ada saksi partai-partai. semua TPS ada saksi dari partai-partai. belum juga aparat yang juga ada di dekat TPS. Artinya apa? Pemilu ini pemilu yang sangat terbuka, bisa diawasi siapa saja, oleh masyarakat, media, dan lain-lain," ujar Jokowi dalam pembukaan Rakornas Penyelengara Pemilu di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

"Jadi, jangan ada yang mencoba-mencoba untuk mengintervensi. Karena jelas sangat sangat sulit, karena di TPS tadi saya sampaikan, ada saksi-saksi dari partai-partai politik," sambungnya.

Baca Juga: Di Hadapan Prabowo, Jokowi Singgung Jadi Pemimpin Harus Kuat

1. Jokowi minta ada penindakan tegas bila terjadi pelanggaran

Jokowi Tegaskan Tak Ada yang Bisa Intervensi Pemilu 2024Presiden Jokowi dalam pembukaan Rakornas Penyelengara Pemilu di Jakarta (Youtube.com/DKPP RI)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian meminta ada penindakan tegas bila terjadi pelanggaran. Dia menegaskan, tak boleh ada pelanggaran demokrasi.

"Ya memang harus berani mengontrol, tegas mengawasi. Kalau ada yang tidak bener, ya berani meluruskan," kata dia.

Baca Juga: Pengurus PWI Temui Jokowi, Lapor soal Peningkatan Kompetensi Wartawan

2. Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar

Jokowi Tegaskan Tak Ada yang Bisa Intervensi Pemilu 2024Presiden Jokowi dalam pembukaan Rakornas Penyelengara Pemilu di Jakarta (Youtube.com/DKPP RI)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada lembaga penyelenggara pemilu, seperti Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Jokowi mengatakan, Pemilu 2024 adalah yang yang terbesar dalam sejarah Indonesia.

"Pemilu 2024 ini merupakan pesta demokrasi terbesar yang pernah kita selenggarakan. Kalau kita bisa bayangkan, dari Aceh sampai Papua, dari seluruh provinsi, kabupaten dan kota ada 840 ribu TPS (Tempat Pemungutan Suara). kita bayangkan. 840 ribu TPS, betapa betul-betul ini sebuah pesta demokrasi besar," beber dia.

3. Pemilu 2024 miliki banyak tantangan

Jokowi Tegaskan Tak Ada yang Bisa Intervensi Pemilu 2024Presiden Jokowi dalam pembukaan Rakornas Penyelengara Pemilu di Jakarta (Youtube.com/DKPP RI)

Jokowi mengatakan, hal itu juga memberikan tantangan yang besar. Oleh karena itu, Jokowi meminta penyelenggara pemilu untuk berintegritas, akuntabel, dan melakukan perencanaan teknis yang baik. Mulai dari mekanisme distribusi hingga mekanisme pengamanan.

"Juga bagaimana mewujudkan kontestasi yang berkualitas, kontestasi yang damai, kontestasi yang sejuk, kontestasi tanpa hoaks, kontestasi tanpa ujaran-ujaran kebencian. Sehingga, kontestasi ini bisa menghasilkan solusi-solusi bagi masalah-masalah yang dihadapi bangsa kita," kata dia.

Baca Juga: Jokowi: Pemilu 2024 Adalah Pesta Demokrasi Terbesar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya