Baliho Cak Imin Capres 2024 Beredar, PKB Ngaku Masih Fokus Pandemik

PKB mengaku tak buru-buru soal pencapresan 2024, hmmm...

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum memastikan siapa calon presiden (capres) yang akan diusung pada 2024. Meski demikian, sejumlah Baliho Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sudah dipasang di sejumlah titik dengan tulisan '2024'.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, PKB saat ini masih fokus dalam penanganan COVID-19. Belum memusatkan kepada Pilpres 2024.

"PKB masih fokus menghadapi COVID-19, seperti arahan Gus Muhaimin. Urusan Capres nunggu waktu yang tepat, kepentingan masyarakat kita utamakan," ujar Jazilul kepada IDN Times, Rabu (18/8/2021).

1. Strategi PKB mengenalkan Cak Imin sebagai capres 2024 ke masyarakat

Baliho Cak Imin Capres 2024 Beredar, PKB Ngaku Masih Fokus PandemikIDN Times/Irfan Fathurohman

Menurutnya, strategi PKB dalam mengenalkan Cak Imin sebagai capres 2024 yakni dengan turun langsung ke masyarakat. Salah satunya dengan menyerap aspirasi.

"Strategi PKB melakukan kerja langsung ke masyarakat sambil menyerap aspirasi masyarakat," katanya.

Jazilul menerangkan, PKB juga tak menutup komunikasi dengan parpol lain. Menurutnya, komunikasi yang sering dilakukan dalam konteks penanganan COVID-19.

"Komunikasi dengan parpol tetap kita lakukan dalam konteks membangun kebersamaan dalam menghadapi pandemik COVID-19, bukan koalisi untuk capres. Pencapresan masih jauh, kami tidak terburu-buru," ucapnya.

Baca Juga: Orasi Kemerdekaan, Alissa Wahid Sentil Baliho Politikus

2. Pengusungan capres 2024 dilakukan usai berkonsultasi dengan kiai

Baliho Cak Imin Capres 2024 Beredar, PKB Ngaku Masih Fokus PandemikYouTube.com/NU Channel

Sebelumnya, Jazilul mengatakan pengusungan akan dilakukan usai melakukan komunikasi dengan para kiai.

"Jadi hari ini PKB belum memutuskan terkait itu dan tentu PKB pasti akan berkonsultasi dengan para kiai untuk memutuskan (siapa capres yang diusung)," kata Jazilul di acara Polemik MNC Trijaya "Pandemi dan Konstelasi Politik 2024, di YouTube MNC Trijaya, Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga: PKB: Pengusungan Capres 2024 Dilakukan Usai Berkonsultasi dengan Kiai

3. Jazilul sebut pemasangan baliho akan rata bila memang instruksi partai

Baliho Cak Imin Capres 2024 Beredar, PKB Ngaku Masih Fokus PandemikKumpulan baliho para petinggi Parpol di Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Jazilul menjelaskan Cak Imin tidak menginstruksikan kadernya untuk memasang baliho. Melainkan hanya memberi instruksi kepada kadernya untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Untuk pilpres 2024, lanjutnya, belum ada keputusan.

"Nah seandainya instruksi partai pasang baliho, itu tidak sekecil ini, lebih besar ha-ha. Seandainya itu instruksi partai, itu rata (jalanan dengan baliho Cak Imin) ha-ha," ucapnya.

Baca Juga: PKB soal Baliho: Inisiatif Kader, Semua Desak Cak Imin Maju Pilpres

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya