Bertemu Anies Baswedan di Istana, Jokowi: Pamit!

Anies pamit ke Jokowi setelah tak lagi jadi Gubernur DKI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan Anies Baswedan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat (21/10/2022) sore. Dalam pertemuan itu, Anies berpamitan kepada Jokowi setelah tak lagi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Oh ya, sore tadi (bertemu dengan Anies), pamit," ujar Jokowi di Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

Baca Juga: Anies Akan Temui Jokowi di Istana, Pamitan dari Jabatan Gubernur DKI

1. Anies mulanya ingin pamit pas setelah lengser dari Gubernur DKI Jakarta

Bertemu Anies Baswedan di Istana, Jokowi: Pamit!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies Baswedan selesai menjadi Gubenur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022. Mulanya, Anies ingin bertemu dengan Jokowi tepat saat hari ia lengser.

"Pamit, karena sebetulnya minggu yang lalu (bertemu). Saya mengatur waktunya gak bisa, jadi baru tadi sore," kata dia.

Baca Juga: Anies Temui Jokowi di Istana, Gerindra: Wajar, Gak Usah Ribut!

2. Anies digantikan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Bertemu Anies Baswedan di Istana, Jokowi: Pamit!Momen Anies Baswedan bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi di Kanto Kemendagri, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui, Anies digantikan oleh Heru Budi Hartono yang dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Gubernur definitif DKI Jakarta baru akan ada setelah pilkada serentak pada November 2024.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, melantik Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta pada Senin (17/10/2022).

Dalam pelantikan tersebut, Tito menuturkan hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengatur tentang pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Keppres 100/P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan Tahun2017-2022, dan pengangkatan Penjabat Gubenur DKI Jakarta," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Saat pelantikan, Anies Baswedan bersama Riza Patria juga tampak menghadiri acara yang digelar di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat itu.

Baca Juga: PSI Minta Heru Budi Prioritaskan APBD untuk Normalisasi Sungai 

3. Jadi Pj Gubernur DKI, Heru: Saya akan kerja, kerja, kerja

Bertemu Anies Baswedan di Istana, Jokowi: Pamit!Momen Anies Baswedan bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi di Kanto Kemendagri, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Heru memastikan akan terus melanjutkan estafet kepemimpinan Anies. Salah satunya terkait program kerja Anies yang baik untuk masyarakat.

"Yang bagus dan baik untuk masyarakat pasti akan saya lanjutkan. Saya akan kerja kerja kerja,” ujar Heru kepada awak media di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

"Selain itu, Heru lantas menegaskan memasukan sejumlah catatan penting yang menjadi amanah dari Mendagri, Tito Karnavian.

Dia juga mengatakan akan bekerja maksimal sebagai orang nomor satu di DKI, guna memastikan sejumlah permasalahan dan keluh kesah warga Jakarta soal dapat ditangani dengan baik.

”Tentunya tadi beliau, Pak Mendagri, sudah menekankan beberapa poin dan akan kami masukkan dalam sebuah program 2023," kata Heru.

Baca Juga: Heru Budi Kunjungi Kebakaran Jakarta Islamic Centre, Ini Temuannya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya