BNPB: Menteri-DPR Boleh Karantina Mandiri Pulang dari Luar Negeri

Enak ya para pejabat setingkat menteri...

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, mengatakan pejabat setingkat menteri, anggota DPR RI, mendapat fasilitas karantina mandiri, apabila pulang dari luar negeri (LN). Hal itu disampaikan Suharyanto saat rapat dengar pendapat bersama Komisi VIII DPR RI.

"Untuk karantina-karantina yang mandiri memang ada beberapa pengecualian, bapak. Sebagai contoh pejabat negara setingkat menteri kemudian anggota dewan, ini juga apabila kembali dari luar negeri memang mendapat fasilitas untuk karantina mandiri," ujar Suharyanto yang disiarkan di kanal YouTube Komisi VIII DPR RI Channel, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: Keluarga Mulan Jameela Diduga Tak Jalani Karantina, Ini Kata Satgas

1. Tak perlu karantina di tempat yang sudah disediakan

BNPB: Menteri-DPR Boleh Karantina Mandiri Pulang dari Luar NegeriKepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (youtube.com/Komisi VIII DPR RI Channel)

Suharyanto menjelaskan, karantina bagi para pejabat itu tidak perlu dilakukan di tempat yang sudah disediakan. Artinya, bisa dilakukan di rumah.

"Artinya, karantina mandiri itu tidak ditempatkan di hotel maupun tempat-tempat yang disiapkan," ucapnya.

Suharyanto berharap para pejabat menaati aturan karantina. Misalnya, tidak pergi ke manapun selama 10 hari masa karantina.

"Ada batasan-batasannya yang sudah kami sampaikan lewat surat edaran, kalau memang ada yang melanggar ini kasuistis, bapak. Jadi satu, dua bukan mencerminkan organisasi itu," katanya.

Baca Juga: Selesai Karantina Mandiri 3 Hari, Jokowi Sapa Masyarakat Indonesia

2. Mulan Jameela sekeluarga dapat fasilitas mandiri karena anggota DPR

BNPB: Menteri-DPR Boleh Karantina Mandiri Pulang dari Luar Negeriinstagram.com/mulanjameela1

Sebelumnya, artis sekaligus anggota DPR RI, Mulan Jameela dan suaminya, Ahmad Dhani, beserta keluarganya viral di media sosial lantaran diduga tidak menjalani karantina usai pulang berlibur di Turki.

Hal tersebut pun pertama kali dibeberkan akun Instagram @adamdenigrk. Unggahan tersebut berisi direct message (DM) yang menyebut bertemu Mulan Jameela beserta Ahmad Dhani pada 2 Desember 2021 di Capadocia, Turki.

Ia pun menyebut dia saat ini masih menjalani karantina selama tujuh hari. Sementara, ada seorang temannya yang mengatakan bertemu dengan kedua pasangan tersebut di sebuah mal di Jakarta pada 9 Desember 2021. Sehingga, diduga keduanya tidak menjalani karantina 10 hari sebagaimana aturan yang saat ini berlaku.

3. Mulan Jameela disebut mendapatkan rekomendasi khusus

BNPB: Menteri-DPR Boleh Karantina Mandiri Pulang dari Luar NegeriInstagram/@mulanjameela1

Komandan Satgas Udara COVID-19, Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiono mengatakan, Mulan Jameela dan keluarganya mendapatkan rekomendasi dapat menjalani karantina di rumahnya.

"Benar, dapat surat dari BNPB untuk karantina mandiri," ungkapnya, Senin (13/12/2021).

Menurut Agus, surat rekomendasi untuk karantina mandiri diberikan kepada Mulan Jameela, karena dia merupakan anggota DPR RI.

"Karantina mandiri untuk Ibu Mulan Jameela karena anggota DPR RI. Karantina mandiri di rumah dengan alamat Jalan Pinang Perak PA No 22 Pondok Indah, Jakarta Selatan," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya