[BREAKING] Istana Ungkap Alasan Jokowi Copot Lutfi, Gegara Minyak Goreng?

Kursi menteri M Lutfi digantikan oleh Zulkifli Hasan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Zulkifli Hasan atau Zulhas dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi. Sementara, Hadi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), menggantikan Sofyan Djalil.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan alasan Jokowi merombak atau reshuffle kabinetnya di tengah periode kedua jabatannya.

"Ini untuk membuat kabinet bisa bekerja lebih lincah, karena kan tidak semata-mata urusan di Kementerian Perdagangan, karena sekarang ini persoalan pangan, persoalan inflasi, itu kan menjadi persoalan dunia. Maka untuk itu refreshing diperlukan," ujar Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Pramono mengatakan, Jokowi berpengalaman dalam menentukan kriteria menterinya. Menurutnya, semua urusan terkait pemerintah dipahami Jokowi.

"Presiden sudah memahami persoalan yang ada. Termasuk urusan minyak curah, urusan pangan, urusan energi, sehingga itulah yang menjadi prioritas dan untuk itu maka kenapa ada penyegaran di dalam tubuh kabinet," katanya.

Meski demikian, Pramono tak menjelaskan secara rinci apakah Lutfi dicopot sebagai Menteri Perdagangan karena polemik minyak goreng.

Selain melantik Zulhas dan Hadi, Presiden Jokowi juga melantik tiga wakil menteri  hari ini, yakni Afriansyah Noor sebagai Wakil Menaker, Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN, dan John Wempi Wetimpo sebagai Wamendagri.

Baca Juga: Harta Kekayaan Zulkifli Hasan Rp32 Miliar, Tidak Punya Utang!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya