[BREAKING] Jokowi Akui Kemandirian Industri Obat, Vaksin Jadi Kelemahan Serius RI

Dalam Sidang Tahunan 2021, Jokowi kenakan baju adat Baduy

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengakui industri obat, vaksin, dan alat kesehatan masih menjadi kelemahan Indonesia dalam penanganan COVID-19. Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR 2021.

"Kemandirian industri obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan masih menjadi kelemahan serius yang harus kita pecahkan," ujar Jokowi, Senin (16/8/2021).

Meski demikian, kata Jokowi, pandemik COVID-19 juga pada akhirnya dapat meningkatkan industri farmasi di Tanah Air. Menurutnya, Indonesia juga kini terus mengembangkan Vaksin Merah Putih.

"Tetapi, pandemi telah mempercepat pengembangan industri farmasi dalam negeri, termasuk pengembangan Vaksin Merah Putih, dan juga oksigen untuk kesehatan," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pemerintah terus memenuhi ketersediaan dan keterjangkauan harga obat. Jokowi menegaskan, tak ada toleransi bagi siapa saja yang berbuat curang dalam penanganan pandemik COVID-19.

"Selain itu, pemerintah bekerja keras mengerahkan semua sumber daya demi mengamankan pasokan kebutuhan vaksin nasional," katanya.

Dalam sidang ini, Jokowi menggunakan baju adat Baduy, Banten. Sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggunakan baju adat Suku Mandar, Sulawesi Barat.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy di Sidang Tahunan MPR

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya