Cak Imin: Fenomena Citayam Fashion Week Protes Anak Pinggiran

Pemerintah daerah harus sediakan ruang berekspresi anak muda

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin turut berkomentar tentang fenomena Citayam Week (CFW) yang belakangan ramai dibicarakan. Menurutnya, fenomena tersebut bagian dari bonus demografi yang dimiliki Indonesia.

“Saya kira Citayam Fashion Week adalah fenomena unik dan wujud dari bonus demografi, sepintas saya lihat mereka adalah anak-anak muda berusia sekitar 15-24 tahun, rata-rata Gen Z,” ujar Cak Imin dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Kamis (28/7/2022).

1. Jadi bagian ruang protes anak muda

Cak Imin: Fenomena Citayam Fashion Week Protes Anak Pinggiranpotret model Citayam Fashion Week (instagram.com/citayamfashionweeks)

Selain itu, Cak Imin menyebut, Citayam Fashion Week merupakan bentuk protes anak muda yang membutuhkan ruang ekspresi. Sebab, kata dia, umumnya anak muda yang datang tersebut berasal dari daerah pinggiran Ibu Kota.

Mereka datang ke kawasan Sudirman, Jakarta Pusat karena di daerah asalnya tak memiliki fasilitas yang baik untuk mengekspresikan kreativitasnya.

“Jadinya mereka mencari tempat lain untuk mewadahi kreativitas mereka. Mau masuk kawasan elite Sudirman Central Business District (SCBD) saja mungkin bagi mereka susah, apalagi untuk membeli barang-barang branded (bermerek) di sana,” kata dia.

Baca Juga: Asal-usul Citayam Fashion Week, Jadi Ajang Pamer Fashion di SCBD

Baca Juga: Citayam Fashion Week Makin Ramai, Wagub DKI Wanti-Wanti Soal Ini! 

2. Pemerintah harus bisa sediakan fasilitas yang baik

Cak Imin: Fenomena Citayam Fashion Week Protes Anak PinggiranIde OOTD ala Citayam Fashion Week (Instagram.com/ichalgeek)

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai, anak muda yang berada dalam fenomena Citayam Fashion Week tersebut butuh pengakuan eksistensi. Oleh karena itu, pemerintah seharusnya bisa menyediakan fasilitas ruang publik yang baik, dan tidak dimonopoli oleh pemilik modal.

“Nah ini seharusnya yang diperhatikan, saya kira pemerintah perlu segera menyiapkan fasilitas memadai untuk wadah kreativitas mereka. Mereka butuh panggung dan saya kira pemerintah daerah perlu ikut memperhatikan fenomena ini,” kata dia.

Menurutnya, kalau hobi mereka difasilitasi dengan baik, maka akan muncul potensi yang berdampak positif bagi masa depan Indonesia.

"Tapi sebaliknya, kalau dibiarkan begitu saja, tidak ada pelatihan, tidak diberi ruang khusus untuk berkreasi ya malah akan membebani. Tentu ini tidak kita harapkan,” ujar Cak Imin.

3. Kritik anggota DPR untuk Citayam Fashion Week

Cak Imin: Fenomena Citayam Fashion Week Protes Anak PinggiranAnggota DPR RI Fraksi NasDem, Rudi Hartono Bangun (dok. Pribadi)

Sebelumnya, Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Rudi Hartono Bangun, mengkritik kegiatan Citayam Fashion Week. Menurutnya, kegiatan tersebut melanggar aturan lalu lintas.

"Ini kok buat kegiatan di trotoar dan zebra cross seenaknya? Apa mereka tidak mikir bahaya ditabrak kendaraan yang lewat. Lalu dengan latah dan bangganya masyarakat, mulai artis, pejabat sampai masyarakat biasa yang pendidikanya tinggi, tahu aturan, tahu adab, tahu etika dan undang-undang, malah ikut-ikutan gaya anak jalanan yang jarang pulang ini," kata Rudi dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022).

"Mereka malah ikut-ikutan buat fashion show di marka penyeberangan jalan. Apa itu sesuai dengan UU Pemuda Nomor 40 Tahun 2009, kan gak,” lanjut dia. 

Bahkan, Rudi menilai kegiatan tersebut sebagai bentuk kemunduran peradaban. Sebab, aksi Citayam Fashion Week itu mengganggu ketertiban, terutama pengguna jalan.

"Saya menilai ini ada ada kemunduran peradaban. Seperti kembali ke zaman batu dahulu kala. Suka-suka buat kegiatan di tengah jalan," ucap dia.

Rudi mengatakan, berdasarkan Pasal 274 ayat 1, Pasal 275 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap orang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi jalan, rambu, marka jalan dan lain-lain dapat dipidana.

Baca Juga: Dukung Citayam Fashion Week, PSI: Lebih Baik Ketimbang Berbuat Negatif

Baca Juga: Anggota DPR Kritik Citayam Fashion Week: Langgar Aturan Lalu Lintas

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya