Cak Imin Sebut Belum Ada Komunikasi Lanjutan usai NasDem ke Sekber

Belum ada parpol lain yang akan berkunjung ke sekber

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mengatakan belum ada komunikasi lanjutan dengan NasDem setelah berkunjung ke Sekratariat Bersama Gerindra-PKB.

"Belu, jadi mereka datang untuk membuka komunikasi, tapai kalaua saya baca-baca mereka juga semakin solid di koalisi," ujar Cak Imin di Jakarta, Senin (30/1/2023).

Cak Imin mengatakan, belum ada lagi partai politik yang akan berkunjung ke Sekber Gerindra-PKB dalam waktu dekat.

Baca Juga: NasDem Jadi Parpol Pertama Kunjungi Sekber Gerindra-PKB

1. Koalisi Gerindra-PKB semakin solid

Cak Imin Sebut Belum Ada Komunikasi Lanjutan usai NasDem ke SekberKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Cak Imin mengaku koalisi Gerindra-PKB semakin solid. Menurutnya, koalisi Gerindra-PKB juga akan mmebuat tim ahli.

"Akan membuat tim ahli untuk mengkaji berbagai desain politik dan pemerintahan 2024. Kita juga siap menerima siapa saja tamu-tamu yang akan memberikan masukan, bekerja sama, dan juga partai-partai yang mau bergabung," kata dia.

Baca Juga: NasDem ke Sekber Gerindra-PKB, Bagaimana Nasib Koalisi Demokrat-PKS?

2. Soal capres-cawapres masih berproses

Cak Imin Sebut Belum Ada Komunikasi Lanjutan usai NasDem ke SekberKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Cak Imin menerangkan, untuk capres-cawapres dari koalisi Gerindra-PKB masih berproses. Menurutnya, semua masih melakukan pemetaan.

"Ya kita akan berproses, sambil menunggu perkembangan partai-partai lain, dan tentu kita melibatkan partai-partai yang hendak bergabung sekaligus menunggu peta dari kekuatan presidential threshold dari partai-partai lain," ucap dia.

Dia menegaskan, komunikasi dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto berjalan produktif.

Baca Juga: Cak Imin Ngaku Belum Diajak Bicara oleh Jokowi soal Isu Reshuffle

3. Kiai-kiai NU harap ada deklarasi capres-cawarpes sbeelum Ramadan

Cak Imin Sebut Belum Ada Komunikasi Lanjutan usai NasDem ke SekberKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Cak Imin mengatakan berdasarkan saran dari para kiai Nahdlatul Ulama (NU), deklarasi capres-cawapres diharapkan bisa dilakukan sebelum Ramadan 1444 Hijriah. Diketahui, Ramadan tahun ini diperkirakan pada akhir Maret 2023.

"Kiai-kiai kan membatasi kita bukan untuk apa-apa, membatasi supaya start kampanyenya itu kalau bisa paling akhir sebelum bulan Ramadan. Karena di bulan Ramadan itu nanti adalah bulan-bulan di mana sangat efektif untuk berkampanye. Sehingga, kita berharap sudah ada keputusan siapa capres siapa cawapres itu, para kiai berharap sebelum Ramadan," imbuhnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya