NasDem Jadi Parpol Pertama Kunjungi Sekber Gerindra-PKB

Belum dijelaskan secara rinci maksud kedatangan NasDem

Jakarta, IDN Times - NasDem menjadi partai politik pertama yang mengunjungi Sekretariat Bersama Gerindra-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Elite NasDem yang hadir di Sekber Gerindra-PKB adalah Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali dan Ketua DPP NasDem, Willy Aditya.

Elite NasDem tiba di Sekber Gerindra-PKB sekitar pukul 12.20 WIB, Kamis (26/1/2023). Mereka disambut oleh Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Sekjen PKB, Syaiful Huda.

Dasco berseloroh ketika ditanya sejumlah jurnalis mengenai agenda apa yang akan dibahas dari kedatangan NasDem itu.

"Mau tau saja, he-he-he," ujar Dasco.

Baca Juga: Gerindra-PKB Resmikan Sekber, Cak Imin Jadi Cawapres Prabowo?

1. Ingin minum kopi

NasDem Jadi Parpol Pertama Kunjungi Sekber Gerindra-PKBNasDem kunjungi Sekretariat Bersama Gerindra-PKB, Kamis (26/1/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Ahmad Ali juga tak ingin memberikan penjelasan lebih dalam. Dia hanya menyebut ingin minum kopi saja.

"Mau minum kopi," kata Ali.

Elite PKB, Gerindra dan NasDem kemudian masuk ke dalam gedung sekber. Mereka melakukan pertemuan tertutup.

Keberadaan sekber itu sendiri menandakan satu langkah maju di antara kedua partai. PKB-Gerindra, bahkan dinilai Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto merupakan partai kebangsaan yang agamis dan parpol agamis yang kebangsaan. 

Baca Juga: Koalisi Lain Bimbang, Peresmian Sekber Jadi Bukti PKB-Gerindra Solid

2. Gerindra-PKB Resmikan Sekber

NasDem Jadi Parpol Pertama Kunjungi Sekber Gerindra-PKBKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar diberi potongan tumpeng oleh Ketum Gerindra, Prabowo Subianto saat peresmian Sekber pada Senin, (23/1/2023). (www.instagram.com/@dpp_pkb)

Sebelumnya, Partai Gerindra dan PKB pada Senin (23/1/2023), meresmikan rumah Sekretariat Bersama yang beralamat di Ki Mangunsarkoro nomor I, Menteng, Jakarta Pusat.

Ini merupakan langkah maju kedua partai untuk mempererat Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dalam menghadapi Pemilu 2024. Peresmian rumah sekber itu dihadiri oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

"Hari ini kita resmi membuka sekretariat bersama Gerindra-PKB sebagai wujud kesamaan," ungkap Prabowo yang disambut tepuk tangan. 

Baca Juga: Sandiaga Hadir Peresmian Sekber Gerindra-PKB, Tepis Isu Pindah Partai?

3. Sekber merupakan lanjutan kesepakatan pada 13 Agustus 2023

NasDem Jadi Parpol Pertama Kunjungi Sekber Gerindra-PKBRumah Sekretariat Bersama PKB-Gerindra di Jalan Ki Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat. (IDN Times/Santi Dewi)

Ia melanjutkan, pembukaan rumah sekber itu merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama pada 13 Agustus 2022 lalu di Sentul, Jawa Barat. Sekber tersebut, kata Prabowo, menandakan kerja sama Gerindra-PKB semakin solid. 

"Di mana-mana masing-masing partai fokus untuk melakukan konsolidasi ke dalam untuk menunaikan kewajiban WNI yaitu kewajiban konstitusional kita bahwa tidak lama lagi, hampir setahun yang akan datang, seluruh rakyat Indonesia akan melaksanakan hak kedaulatannya yakni memilih pemimpin dan wakil-wakilnya di lembaga legislatif," kata dia. 

"Kegiatan hari ini menandakan kerja sama kita solid, tekad kita solid, semangat kita tinggi, optimisme kita besar, keyakinan kita besar untuk maju dan membela kepentingan rakyat," ucap dia.

Baca Juga: Sekber Ingin Prabowo-Jokowi Terus Pimpin Indonesia 2024 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya