Disaksikan Jokowi, Vaksin Indovac Disuntik Perdana ke Warga Bandung

Vaksin Indovac akhirnya resmi dirilis

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meluncurkan vaksin COVID-19, buatan PT Biofarma (Persero) bernama Indovac, di Bandung, Jawa Barat. Usai peluncuran, Jokowi turut menyaksikan penyuntikan perdana vaksin Indovac kepada masyarakat di Bandung.

"Pagi," sapa Jokowi kepada warga yang akan disuntik vaksin, Kamis (13/10/2022).

Jokowi kemudian berbincang dengan dokter yang akan menyuntikkan vaksin. Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Berdasarkan informasi, vaksin Indovac ini diberikan kepada masyarakat yang belum mendapat vaksin COVID-19. Vaksin Indovac juga sedang dikaji untuk bisa dijadikan sebagai vaksin booster.

Mulai hari ini, kita bisa memproduksi vaksin COVID sendiri dengan kapasitas di tahun ini nanti kurang lebih 20 juta. Tadi Pak Dirut (PT Biofarma) menyampaikan, tahun depan bisa 40 juta, dan kalau memang pasar masih memerlukan bisa sampai ke 120 juta dosis vaksin," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Vaksin Indovac ini melakukan uji klinis pertama pada Februari 2022 dengan 175 suspek. Kemudian pada April 2022 melakukan uji klinis fase II dengan 360 suspek.

Vaksin Indovac kembali melakukan uji klinis fase III pada Juni 2022 dengan 4.050 suspek.

Baca Juga: Jokowi Luncurkan Indovac, Vaksin COVID-19 Buatan Indonesia

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya