Jokowi Luncurkan Indovac, Vaksin COVID-19 Buatan Indonesia

Daya produksi tahun ini bisa mencapai 20 juta dosis

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meluncurkan vaksin Indovac di kantor PT Biofarma (Persero), Jalan Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). Vaksin Indovac itu dibuat oleh PT Biofarma kerja sama dengan Baylor Collage of Medicine (BCM).

"Mulai hari ini, kita bisa memproduksi vaksin COVID-19 sendiri dengan kapasitas di 2022 kurang lebih 20 juta. Tadi, Pak Dirut (PT Biofarma) menyampaikan, tahun depan bisa 40 juta. Kalau memang pasar masih memerlukan, bisa sampai ke 120 juta dosis vaksin," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Dalam peluncuran itu, Jokowi turut menyaksikan penyuntikan perdana kepada masyarakat untuk vaksin Indovac.

Vaksin Indovac melakukan uji klinis pertama pada Februari 2022 dengan 175 suspek. Kemudian pada April 2022 melakukan uji klinis fase II dengan 360 suspek. Uji klinis fase III dilakukan Juni 2022 dengan 4.050 suspek.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Honesti Basyir mengungkapkan, vaksin buatan dalam negeri atau Indovac telah mendapatkan izin penggunaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hal tersebut disyukuri oleh Honesti mengingat izin penggunaan atau Emergency Use Authorization (EUA) keluar sesuai target.

"Ibu Kepala BPOM sudah mengumumkan habis RDP dengan Komisi IX DPE, EUA untuk vaksin Indovac yang dikembangkan Bio Farma sudah mendapatkan EUA. Alhamdulillah masih di bulan September sesuai dengan yang dulu kami targetkan," beber Honesti ketika menjadi pembicara di Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2022 di The Tribarata, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

Honesti menyatakan pihaknya siap terus memproduksi vaksin Indovac kendati tahun depan ada kemungkinan pemerintah menetapkan endemik.

Baca Juga: Dapat Izin Edar BPOM, KAEF Siap Distribusikan Indovac ke Seluruh RI

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya