Ditanya Makna Pakai Dasi Kuning Saat ke Jepang, Jokowi: Masa Gak Tahu

Jokowi akan kunjungan kenegaraan ke Jepang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berangkat ke Jepang, Sabtu (16/12/2023) pagi untuk melakukan kunjungan kenegaraan. Jokowi berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Namun, ada yang menarik. Pada momen keberangkatannya itu, Presiden Jokowi tampak mengenakan dasi warna kuning. Ketika ditanya oleh sejumlah jurnalis tentang makna memakai dasi tersebut, Jokowi tersenyum dan enggan membeberkannya.

"Masa gak tahu," ujar Jokowi sambil tersenyum.

Baca Juga: Jokowi Akan Terbang ke Jepang: Bahas MRT hingga Investasi IKN

1. Ada sejumlah agenda yang akan dihadiri Jokowi selama di Jepang

Ditanya Makna Pakai Dasi Kuning Saat ke Jepang, Jokowi: Masa Gak TahuPresiden Jokowi berangkat ke Jepang pakai dasi kuning (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi menjelaskan, ada sejumlah agenda yang akan dihadirinya di Jepang. Dia menegaskan, Jepang merupakan negara penting bagi ASEAN.

"Tiga acara utama di Tokyo yaitu melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Kishida, kemudian bersama dengan PM Kishida kita juga akan memimpin KTT ASEAN dan Jepang serta menghadiri KTT AZEC (Asia Zero Emission Community)," ujar Jokowi dalam keterangan persnya di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jokowi Sambut Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor 

2. KTT ASEAN-Jepang sekaligus peringatan kerja sama ke-50 tahun

Ditanya Makna Pakai Dasi Kuning Saat ke Jepang, Jokowi: Masa Gak TahuPresiden Jokowi berangkat ke Jepang pakai dasi kuning (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, KTT ASEAN-Jepang itu, akan membahas ekonomi, infrastruktur, transisi, energi, mineral kritis hingga maritim.

"Saya dan Perdana Menteri Kishida juga akan memimpin KTT Perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang dengan tema 'Golden Friendship, Golden Opportunity'," ucap Presiden.

"KTT ini akan membahas penguatan kemitraan ASEAN-Jepang yang berorientasi masa depan. Antara lain melalui ekonomi hijau, percepatan transformasi digital, dan implementasi dari ASEAN Outlook on Indo-Pacific," lanjut Presiden.

Baca Juga: Kritisi Pernyataan PDIP, TKN Tegaskan Prabowo-Gibran Penerus Jokowi

3. Jokowi akan kembali ke Indonesia pada 19 Desember 2023

Ditanya Makna Pakai Dasi Kuning Saat ke Jepang, Jokowi: Masa Gak TahuPresiden Jokowi berangkat ke Jepang pakai dasi kuning (dok. Sekretariat Presiden)

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan akan kembali ke Indonesia pada 19 Desember 2023.

Dalam kunjungan kenegaraan ke Jepang itu, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay.

"Pada tanggal 19 Desember 2023, insyaallah saya dan rombongan terbatas akan tiba kembali di Tanah Air," ucap Presiden.

Baca Juga: Jokowi Mania Deklarasi ke Ganjar, Pro Jokowi Pilih Fokus Vaksinasi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya