Jokowi Sambut Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor 

Keduanya juga menanam pohon bersama

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo menyambut kedatangan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor, hari ini, Senin (19/6/2023). Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB.

Acara penyambutan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Jepang, Kimigayo.

Baca Juga: Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako Tiba di Indonesia

1. Menanam pohon bersama

Jokowi Sambut Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor Presiden RI Joko Widodo menyambut kedatangan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Usai disambut di depan istana, Jokowi mengajak Kaisar Naruhito untuk berfoto bersama di dalam istana dan penandatanganan buku tamu.

Selanjutnya, Jokowi mengajak Kaisar ke beranda dan berbincang sejenak. Setelah itu, keduanya pun menanam pohon bersama.

Baca Juga: Kaisar Jepang Naruhito Sambangi MRT Jakarta

2. Kaisar Jepang kunjungi Indonesia selama sepekan

Jokowi Sambut Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor Kaisar Jepang Naruhito mengunjungi MRT Jakarta. (dok. PT MRT Jakarta)

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako mengunjungi Indonesia selama sepekan. Mereka tiba di Indonesia pada 17 Juni 2023.

Kaisar dan Permaisuri juga telah mengunjungi MRT dan waduk pompa Pluit pada 18 Juni 2023 lalu. Waduk pompa Pluit menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi Kaisar karena Jepang pernah memberikan hibah memperbaiki waduk yang pernah kehilangan fungsi drainasenya pada 2009 itu.

Baca Juga: Kaisar Jepang Naruhito Bakal Kunjungi Indonesia 

3. Kunjungan kenegaraan pertama

Jokowi Sambut Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor Presiden RI Joko Widodo menyambut kedatangan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia ini merupakan kunjungan kenegaraan pertamanya sejak dilantik pada 2019 lalu. Namun, pada 2022, Kaisar dan Permaisuri sempat berkunjung ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II.

Kunjungan Kaisar Naruhito ini juga bertepatan dengan perayaan 50 tahun hubungan kemitraan Jepang dan ASEAN. Adapun Indonesia merupakan ketua ASEAN 2023.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya