G20 Usai, Jokowi Terbang ke Thailand untuk Ikuti KTT APEC

Jokowi akan kembali ke Indonesia pada 18 November 2022

Bali, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, pada Rabu (16/11/2022). Usai KTT G20, Jokowi tak langsung kembali ke Jakarta.

Presiden Jokowi langsung bertolak ke Thailand untuk mengikuti KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2022. Jokowi terbang ke Thailand melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Kamis (17/11/2022).

"Hari ini, saya dengan Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat menuju Bangkok, Thailand. Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT APEC hingga besok Jumat tanggal 18 November 2022," ujar Jokowi dalam keterangannya.

Baca Juga: Hari Kedua KTT G20, Jokowi: Stop War!

1. APEC jadi rangkaian terakhir KTT

G20 Usai, Jokowi Terbang ke Thailand untuk Ikuti KTT APECPresiden Jokowi dan Ibu Negara berangkat ke Thailand untuk ikuti KTT APEC (dok. Sekretariat Presiden)

APEC merupakan rangkaian terakhir gelaran Konferensi Tingkat Tinggi setelah ASEAN dan G20. Dalam KTT APEC, Jokowi akan mendorong pemulihan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

"Prinsipnya, leave no one behind. Transformasi digital, ekonomi hijau, dan hilirisasi menjadi prioritas Indonesia di APEC tahun ini," kata dia.

Baca Juga: Erdogan Puji Kesuksesan Indonesia di KTT G20, Apa Saja Pesannya?

2. APEC mewakili hampir 3 miliar penduduk dunia

G20 Usai, Jokowi Terbang ke Thailand untuk Ikuti KTT APECPresiden Jokowi beri sambutan di acara Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, APEC mewakili hampir 3 miliar penduduk dunia. Menurutnya, APEC harus terus menjadi mesin pertumbuhan ekonomi di Asia Pasifik.

"Saya akan kembali ke Indonesia, insyaallah tanggal 18 November malam," kata dia.

3. Jokowi sebut G20 Bali hasilkan deklarasi meski awalnya diragukan

G20 Usai, Jokowi Terbang ke Thailand untuk Ikuti KTT APECPresiden Joko Widodo (tengah) menyampaikan pandangannya saat pembukaan KTT G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). (ANTARA FOTO/MEDIA CENTER G20 INDONESIA/Prasetyo Utomo)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada 16 November 2022. Dalam konferensi pers, Jokowi menegaskan, KTT G20 Bali berhasil dilaksanakan dengan baik meski awalnya diragukan.

"Kepemimpinan Indonesia telah berhasil menghasilkan deklarasi pemimpin G20, 'G20 Bali Leaders Declaration', yang awalnya diragukan oleh banyak pihak," ujar Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022).

Jokowi mengatakan, deklarasi G20 itu menghasilkan 52 paragraf. Menurutnya, poin yang menjadi perdebatan keras ketika membahas sikap pemimpin G20 terkait perang Ukraina-Rusia.

"Diskusi mengenai hal ini berlangsung sangat-sangat alot sekali dan akhirnya para pemimpin G20 menyepakati isi deklarasi, yaitu perang di Ukraina karena telah melanggar batas wilayah, melanggar integritas wilayah," kata dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya