Gegara Terlibat Bangun PYCH, Kepala BIN Dapat Apresiasi Pemuda Papua

Selain Budi, ada Menteri PUPR dan Menkeu

Jakarta, IDN Times - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melakukan jajak pendapat terhadap pemuda Papua mengenai apreasi ke sejumlah tokoh terhadap Papua Youth Creative Hub (PYCH).

LPI melakukan survei pada 3-9 April 2023 terhadap para pemuda Papua dengan jumlah 300 responden. Kriteria pemuda yang disurvei berusia 24-39 tahun dengan pendidikan dari D1 hingga S3. 

Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar 5 persen pada tingkat kepercayaan sekitar 95 persen. Dalam survei itu, muncul nama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan. 

Direktur Eksekutif LPI, Boni Hargens, mengatakan survei itu mengambil larang belakang pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang diresmikan Presiden Jokowi pada Maret 2023. 

Gedung tersebut dibangun untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi di berbagai bidang, seperti di bidang fesyen, industri kreatif, peternakan, dan perikanan, bahkan platform aplikasi. 

Baca Juga: Lewat Papua Youth Creative Hub, Pemerintah Membangun SDM Muda Papua 

1. Budi Gunawan terlibat dalam pembangunan PYCH

Gegara Terlibat Bangun PYCH, Kepala BIN Dapat Apresiasi Pemuda PapuaDiskusi milenial Papua terhadap Pemerintah Presiden Jokowi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Boni mengatakan, para pemuda Papua mengapresiasikan Budi Gunawan yang telah terlibat dalam pembangunan gedung PYCH. 

"Dari indikator kepuasan masyarakat, mayoritas responden mengapresiasi kinerja Prof. Budi Gunawan dalam membangun dan mengembangkan Papua Youth Creative Hub atau PYCH. Responden yang menilai bangga atau mengapresiasi sebesar 42,34 persen. Sedangkan responden yang menilai sangat bangga, sebesar 29,19 persen. Jadi, total kaum muda milenial Papua yang bangga dengan Prof. Budi Gunawan berada di angka 71 persen lebih,” kata Boni.

Selain itu, Mentri PUPR, Basuki Hadimuljono juga diapresiasi dengan persentase 36,21 persen dan Kementerian Keuangan, Sri Mulyani 29,12 persen. 

Baca Juga: Resmikan Gedung Papua Youth Creative, Jokowi Beberkan Fasilitas Topnya

2. Budi Gunawan dianggap berkontribusi dalam pembangunan PYCH

Gegara Terlibat Bangun PYCH, Kepala BIN Dapat Apresiasi Pemuda PapuaDiskusi milenial Papua terhadap Pemerintah Presiden Jokowi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Boni menerangkan, dalam surveinya, pemuda Papua menganggap Budi Gunawan berkontribusi dalam pembangunan PYCH. Dalam survei tersebut, 71,41 persen pemuda Papua mengetahui kontribusi Budi Gunawan dalam pembangunan PYCH. 

“Dalam pandangan generasi milenial Papua, rekam jejak Prof. Budi Gunawan selama ini memang telah memberikan atensi besar terhadap pengembangan dan potensi sumber daya manusia (SDM), terkhusus terhadap kaum muda," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Direktur Politik Hankam BRIN, M. Nurhasim menyebut wajar bila Budi Gunawan mendapat apresiasi dari pemuda Papua. 

"Ya saya kira dia (Budi Gunawan) juga akan memberikan informasi pembangunan kemudian menggalang partisipasi masyarakat termasuk juga dukungan masyarakat terhadap proses pembangunan. Bagaimana pun itu juga mereka punya peran di situ," ujar Nurhasim.

3. Saat peresmian PYCH, Budi Gunawan puji Jokowi dan Prabowo

Gegara Terlibat Bangun PYCH, Kepala BIN Dapat Apresiasi Pemuda PapuaKepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (YouTube Setpres)

Sebelumnya, Budi Gunawan menuturkan, aura Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagian mulai berpindah ke Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Hal tersebut diungkapkan Budi Gunawan saat peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dan peluncuran produk-produk kreatifitas di Abepura, Kota Jayapura, Papua Selasa (21/3/2023).

Budi Gunawan mengatakan, Prabowo tampak lebih sering mendampingi Jokowi saat kunjungan kerja dalam kurun waktu belakangan ini. Sehingga, dia menilai sebagian aura Presiden sudah mulai pindah ke Prabowo.

"Kita semua mengamati akhir-akhir ini Pak Prabowo sering bepergian bersama Pak Jokowi, beberapa kali juga Pak Prabowo mengatakan bahwa Pak Jokowi adalah gurunya, guru beliau,” ujar dia.

"Seluruhnya mulai melihat aura Pak Jokowi sebagian sudah pindah ke Pak Prabowo," kata Budi Gunawan.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya