Gelar Seminar Nasional, BPKH Pastikan Kelola Dana Haji Profesional

Seminar nasional digelar di Universitas Syiah Kuala (USK)

Jakarta, IDN Times - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar seminar nasional di AAC Dayan Dawood, Banda Aceh pada Kamis, 14 September 2023. 

Berkerja sama dengan Universitas Syiah Kuala (USK), dalam seminar tersebut Kepala BPKH Fadlul Imansyah memastikan pihaknya akan mengelola dana haji secara lebih profesional.

"BPKH bersama dengan USK telah menyelenggarakan seminar nasional mengenai revitalisasi peran BPKH menuju pengelolaan keuangan haji yang profesional, transparan dan akuntabel,” ujar Fadlul, Jumat (15/9/2023).

Baca Juga: BPKH Ajak Gen Z dan Millennial Haji Muda

1. BPKH ingin ada tukar pikiran di kampus terkait pengelolaan haji

Gelar Seminar Nasional, BPKH Pastikan Kelola Dana Haji ProfesionalGelar Seminar Nasional, BPKH Pastikan Kelola Dana Haji Profesional (dok. BPKH)

Fadlul mengatakan, seminar nasional digelar di kampus agar ada diskusi dan tukar pikiran terkait dengan pengelolaan dana haji, terutama dalam lingkup hukum dan kelembagaan.

"BPKH menjalankan sebagai kewenangan yang sebelumnya merupakan tanggung jawab dari pemerintah, namun diharapkan dapat beroperasi secara otonom dan independen dari kepentingan pemerintah. Salah satu tujuan dari kami adalah bahwa ada diskusi dialog dan kolaborasi terkait dengan beberapa hal misalnya harmonisasi antara Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 dan juga tentang reformulasi dari kelembagaan good governance dan tantangan politik hukum di dalam pengelolaan keuangan haji," kata dia.

Baca Juga: Menteri Agama Ingatkan BPKH Hati-hati Kelola Dana Haji Rp158,3 T

2. Harap hasilkan ide dan gagasan

Gelar Seminar Nasional, BPKH Pastikan Kelola Dana Haji ProfesionalKepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah (IDN Times/Ilman)

Lebih lanjut, Fadlul berharap, seminar nasional ini juga dapat menghasilkan ide dan gagasan yang bermanfaat bagi pengelolaan dana haji.

"Jadi kami menyadari bahwa isu-isu hukum ini perlu disesuaikan terkait dengan pemberlakuan Haji Dan ini menjadi tantangan dalam rangka untuk terus dapat meningkatkan implementasi dalam prinsip-prinsip good governance yang diamanahkan undang-undang," beber dia.

3. Ada sejumlah pertanyaan terkait dengan pegelolaan dana haji

Gelar Seminar Nasional, BPKH Pastikan Kelola Dana Haji ProfesionalGelar Seminar Nasional, BPKH Pastikan Kelola Dana Haji Profesional (dok. BPKH)

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Marwan, menyampaikan apresiasi terkait seminar nasional yang digelar di kampusnya. Menurutnya, dalam seminar nasional itu, ada sejumlah pertanyaan terkait dengan pengelolaan haji.

“Melalui diskusi ini, sudah terjawab apa yang menjadi sorotan masyarakat selama ini,” ujar Marwan.

Baca Juga: BPKH Ajak Gen Z dan Millennial Haji Muda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya