Gerindra-PKB Sinyal Ajak NasDem Gabung Koalisi Perubahan Indonesia

NasDem belum resmi koalisi dengan PKS dan Demokrat

Jakarta, IDN Times - Partai NasDem mendatangi Sekretariat Bersama (Sekber) Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Mangunsarkoro Nomor I, Menteng, Jakarta Pusat. Setelah itu, Gerindra dan PKB memberikan sinyal mengajak NasDem bergabung ke Koalisi Perubahan Indonesia.

"Kita tahu, sampai hari ini NasDem belum membuat koalisi. Kalau belum bangun koalisi, bisa saja dia koalisi dengan partai yang sudah bangun koalisi, termasuk PKB-Gerindra," ujar Wasekjen PKB, Huda, di kantor Sekber Gerindra-PKB, Kamis (26/1/2023).

Baca Juga: NasDem Jadi Parpol Pertama Kunjungi Sekber Gerindra-PKB

1. Politik Indonesia dinamis

Gerindra-PKB Sinyal Ajak NasDem Gabung Koalisi Perubahan IndonesiaWasekjen PKB, Syaiful Huda (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam pertemuan itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, menyebut bahwa kondisi politik Indonesia saat ini dinamis. Menanggapinya, Huda mengatakan, meski NasDem sedang dekat dengan PKS dan Demokrat, tetapi bukan tidak mungkin dapat bergabung ke Koalisi Perubahan Indonesia.

"Kalau yang saya tangkap tadi dari Pak Ali, politik kita dinamis, walaupun kita sedang bareng-bareng sama Demokrat dan PKS. Tadi disampaikan begitu," kata dia.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengunggah foto bersama Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid dan Ahmad Ali sambil bergandengan tangan.

"Menuju Koalisi Perubahan Indonesia," tulis Dasco dalam keterangan fotonya.

Baca Juga: NasDem ke Sekber Gerindra-PKB, Bagaimana Nasib Koalisi Demokrat-PKS?

2. Penjelasan NasDem datang ke Sekber Gerindra-PKB

Gerindra-PKB Sinyal Ajak NasDem Gabung Koalisi Perubahan IndonesiaNasDem kunjungi Sekretariat Bersama Gerindra-PKB, Kamis (26/1/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Usai pertemuan, Ahmad Ali mengatakan tujuannya datang untuk mengucapkan selamat atas peresmian sekber.

"Hari ini NasDem berkunjung ke rumah perjuangan atau Sekber Gerindra-PKB. Tentu datang hari ini, pertama mengucapkan selamat kepada Gerindra dan PKB yang baru rayakan rumah baru," ucap Ali.

Baca Juga: Survei Algoritma: Elektabilitas PDIP Tertinggi, NasDem Kalahkan Golkar

3. NasDem tegaskan hubungannya dengan Demokrat dan PKS baik

Gerindra-PKB Sinyal Ajak NasDem Gabung Koalisi Perubahan IndonesiaNasDem kunjungi Sekretariat Bersama Gerindra-PKB, Kamis (26/1/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Ali juga menegaskan hubungan NasDem dengan Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) baik. Terkait wacana Koalisi Perubahan juga masih terus dibahas.

"Kami berkunjung ke sini pasti banyak pertanyaan. Terus bagaimana dengan NasDem, PKS, Demokrat? Tetap baik-baik saja, sedang dalam berkomunikasi, doakan juga seperti Gerindra dan PKB segera untuk membuat sekber," kata dia.

Ali menerangkan, terkait siapa sosok calon presiden (capres) di Koalisi Perubahan, masih dalam pembahasan. Sebab, kontestasi capres masih lama.

"Tapi hawanya mulai terasa dari kemarin-kemarin dan menurut kami perlu untuk kita cairkan, perlu untuk kita buat menghadapi kontestasi ini menjadi politik riang gembira. Kita berbeda bukan berarti kita bermusuhan," ucap Ali.

Baca Juga: Demokrat Desak Koalisi Perubahan Segera Diumumkan, Anies Jadi Capres

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya