Golkar-PAN Dukung Prabowo, Respons Ganjar Dinilai Selayaknya Negarawan

Ganjar menilai dukungan itu hal biasa dalam demokrasi

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo merespons santai soal Golkar dan PAN mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Ganjar menyebut dukungan itu merupakan hal biasa di negara demokrasi.

Pengamat komunikasi politik, Dewi Yanuarita, mengatakan pernyataan Ganjar itu dinilai respon yang baik dan dapat menciptakan silaturahmi politik.

“Pernyataan Ganjar ini selayaknya seorang negarawan yang melihat pentingnya menjalin silaturahmi di samping adanya perbedaan pandangan dan sikap, sejatinya demokrasi tidak menekankan kepada kompetisi antarpihak yang pada akhirnya mengerucut kepada perpecahan di dalam masyarakat,” ujar Dewi dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).

“Namun demokrasi merupakan cara membangun hubungan yang dinamis dan menjaga persatuan melalui dialog dan komunikasi yang intens dengan seluruh stakeholder,” sambungnya.

Baca Juga: Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Ganjar: Itu Biasa-Biasa Saja

1. Banyaknya partai pendukung tidak jamin kemenangan

Golkar-PAN Dukung Prabowo, Respons Ganjar Dinilai Selayaknya NegarawanCapres 2024 Ganjar Pranowo di acara Konsolidasi PDIP DKI Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Dewi menyebut banyaknya kekuatan partai politik dalam mendukung capres tidak menjamin kemenangan. Hal itu terbukti saat Presiden Joko "Jokowi" Widodo maju sebagai capres di Pilpres 2014. 

Ketika itu, Prabowo lebih banyak mendapat dukungan partai politik daripada Jokowi. 

“Tidak tertutup kemungkinan hal yang sama akan terjadi pada Pemilu 2024 yang akan datang dan sejarah akan terulang. Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin masa depan yang menjanjikan,” kata dia.

Baca Juga: Soal Golkar Ajukan Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Ini Kata Airlangga

2. Ganjar dinilai tidak gentar

Golkar-PAN Dukung Prabowo, Respons Ganjar Dinilai Selayaknya NegarawanGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Lebih lanjut, Dewi menilai tidak gentar menghadapi manuver Golkar dan PAN merapat ke Prabowo.

“Manuver yang dilakukan partai Golkar dan PAN , tidak membuat Ganjar gentar karena sejatinya Ganjar Pranowo adalah seorang calon pemimpin yang memiliki rekam jejak positif selama menjadi Gubernur di Jawa Tengah. Karena itulah Ganjar Pranowo menyikapi dengan santai deklarasi hari ini,” ucap dia.

3. Respons Ganjar

Golkar-PAN Dukung Prabowo, Respons Ganjar Dinilai Selayaknya NegarawanBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Ganjar merespons santai soal Golkar dan PAN mendukung Prabowo. Ganjar kemudian teringat ketika Presiden Joko "Jokowi" Widodo maju sebagai capres di Pilpres 2014. Ketika itu, banyak parpol yang melabuhkan dukungannya kepada Prabowo Subianto.

Saat itu Koalisi Merah Putih milik Prabowo-Hatta Radjasa juga didukung Partai Golkar dan PAN, bersama Gerindra, PKS, PPP, PBB. Sementara, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla diusung PDIP bersama NasDem, PKB, PKP, dan Hanura. Hasilnya, Jokowi-JK keluar sebagai pemenang di Pilpres 2014-2019.

“Jadi menurut saya itu biasa-biasa saja dan kisah ini pun pernah terjadi pada saat 2014 kalau tidak salah. Saat itu yang mendukung lawannya Pak Jokowi itu juga sama, mereka semua berbondong-bondong ke sana dan kejadian ini kita catat dalam perjalanannya dan selalu ada dinamika yang berubah,” ujar Ganjar dalam keterangannya, Minggu (13/8/2023).

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Golkar-PAN Pilih Usung Prabowo, Ganjar Pranowo: Pernah Terjadi 2014

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya