Isi Perintah Jokowi ke Kemenlu demi Kepulangan Eril

Jokowi bersyukur jenazah Eril ditemukan

Jakarta, IDN Times - Jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril ditemukan di Bern, Swiss pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat. Presiden Joko "Jokowi" Widodo, memerintahkan Kementerian Luar Neger (Kemenlu) RI untuk membantu secara maksimal kepulangan jenazah Eril ke Tanah Air.

"Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, kepada Dubes untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia dan kita harapkan insyaallah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya," ujar Jokowi di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: Mandikan Jenazah Eril, Ridwan Kamil Bersaksi Tubuh Anaknya Wangi 

1. Jokowi bersyukur jenazah Eril ditemukan

Isi Perintah Jokowi ke Kemenlu demi Kepulangan ErilPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi bersyukur jenazah Eril ditemukan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku berkomunikasi intensif dengan Gubernur Jawa Barat sekaligus orang tua almarhum, Ridwan Kamil terkait proses pencarian.

"Saya sudah dua hari lalu berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam, tapi alhamdulillah sudah ditemukan," ucapnya.

Baca Juga: Jenazah Eril Ditemukan Hampir 6 Kilometer dari Lokasinya Berenang

2. Polisi Bern temukan jenazah Eril di Bendungan Engehalde

Isi Perintah Jokowi ke Kemenlu demi Kepulangan ErilSalam perpisahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama keluarga bagi putra sulung mereka, Eril, sebelum kembali ke Indonesia. (www.twitter.com/@teguh_korjakbdg)

Sebelumnya, kabar ditemukannya jenazah Eril disampaikan Polisi Bern. Kepolisian Bern, melalui situs police.be.ch, melaporkan penemuan jasad tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern. Spesialis dari Kepolisian Cantonal Bern menemukannya di cekungan bendungan, dan kemudian menyelamatkannya.

"Aparat kemudian memastikan bahwa pria tersebut telah meninggal dunia," tulis Police.be.ch dalam siaran persnya yang dikutip Kamis, (9/6/2022).

Jasad yang ditemukan pada Rabu, (8/6) sekitar pukul 06:50 waktu Swiss itu dilaporkan adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tenggelam di kawasan Sungai Aare pada 26 Mei 2022 lalu.

3. KBRI Bern umumkan jenazah Eril telah ditemukan

Isi Perintah Jokowi ke Kemenlu demi Kepulangan ErilProses pencarian Eril di Sungai Aare. Foto: Dok Ist.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern kemudian mengumumkan jenazah Eril telah ditemukan pada Rabu (8/6) pagi. Setelah ditemukan, Kepolisian Bern mengabarkan KBRI, lalu melakukan pemeriksaan forensik dengan identifikasi dan penelusuran DNA.

"Sesuai prosedur yang berlaku, Tim Forensik Kepolisian segera melakukan identifikasi dan penulusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yg ditemukan tersebut adalah benar Ananda Eril," Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad dalam konferensi pers virtual Kamis, (9/6/2022) malam.

Lalu, pada Kamis (9/6) siang hari waktu Swiss, Kepolisian Bern merilis hasil forensik bahwa jenazah yang ditemukan benar adalah Eril.

"Pada hari Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak Kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jasad yang ditemukan adalah Emmeril Khan Mumtadz atau ananda Eril," kata Muliaman.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya