Isu Mundur dari Menkominfo, Johnny Plate: Saya Masih Anggota Kabinet

Johnny menyebut mengganti menteri hak prerogratif presiden

Jakarta, IDN Times - Johnny G Plate diisukan mengundurkan diri dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Saat diklarifikasi, Johnny menegaskan dirinya hingga kini masih menjadi menteri anggota Kabinet Indonesia Maju.

"Mengingat informasi terkait dengan tugas kami sebagai Menkominfo RI yang  telah beredar secara luas di masyarakat, khususnya dalam media sosial, maka dapat kami sampaikan, bahwa hingga saat ini kami masih melaksanakan tugas dan fungsi yang dipercayakan oleh bapak Presiden sebagai anggota kabinet Indonesia Maju," ujar Johnny kepada wartawan, Kamis (5/1/2023).

Baca Juga: Bantah Kabar Menkominfo Johnny Plate Mundur, Waketum NasDem: Gak Benar

1. Mengganti menteri merupakan hak prerogatif presiden

Isu Mundur dari Menkominfo, Johnny Plate: Saya Masih Anggota KabinetMenteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate di Kementerian Kominfo, Selasa (18/10/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Johnny menegaskan, mengganti menteri merupakan hak prerogatif Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Dia meminta semua pihak untuk menghormati hak prerogratif presiden.

Oleh karena itu, Johnny meminta tak ada lagi partai politik yang membuat isu menteri tertentu untuk mundur atau dievaluasi.

"Kami percaya dan yakin bahwa setiap partai politik di Indonesia memahami, memaklumi dan menjaga hak konstitusional prerogative rights president tersebut," ucap dia.

Baca Juga: Johnny Plate Sorot Reshuffle Kabinet Jokowi: Why Should Worry?

2. NasDem bantah Johnny Plate mundur dari Menkominfo

Isu Mundur dari Menkominfo, Johnny Plate: Saya Masih Anggota KabinetWakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad M Ali. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, membantah kabar yang menyebut Menkominfo Johnny G. Plate,mundur dari jabatannya di Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi.

Ahmad Ali mengaku baru bicara dengan Johnny soal isu tersebut. Dia menyebut tidak benar jika Johnny Plate yang juga Sekjen Partai NasDem itu mundur.

"Gak benar, saya barusan bicara sama Pak Johnny,” kata Ali kepada wartawan, Kamis (5/1/2023).

3. Ahmad Ali mengaku tidak tahu kabar reshuffle kabinet

Isu Mundur dari Menkominfo, Johnny Plate: Saya Masih Anggota KabinetWakil Ketua Umum DPP NasDem, Ahmad M Ali (ANTARA/HO-Dok Pribadi)

Ali juga mengaku tidak tahu mengenai kabar reshuffle kabinet, yang disebut-sebut mengancam kader Partai NasDem itu.

“Kalau reshuffle saya gak tahu, tapi kalau untuk mundur gak. Saya barusan bicara sama dia (Johnny Plate), dia tidak memberi kabar apa-apa,” ujarnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya