Jadi Panitia Sufi Internasional, Prabowo dan Habib Luthfi Lapor Jokowi

Muktamar Sufi Internasional akan digelar di Pekalongan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Habib Luthfi bin Yahya menghadap Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Prabowo mengaku menjadi panitia Muktamar Sufi Internasional bersama Habib Luthfi.

"Baru saja kami dari panitia Mukhtamar Sufi Internasional, yang pimpinannya adalah Alhabib Muhammad Lutfi bin Yahya bersama rombongan dari pimpinan, di mana saya mendapatkan kehormatan diminta ikut serta, karena ini juga merupakan kerja sama dengan Menteri Pertahanan dari sejak dari beberapa tahun lalu, saya tinggal lanjutkan melaporkan kepada Bapak Presiden, bahwa akan melaksanakan Muktamar Sufi Internasional dari 29-31 Agustus 2023 di Pekalongan," ujar Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga: Ulama Sufi Sebut Masyarakat Maroko dan Indonesia Ramah dan Toleran

1. Ulama sufi dari 64 negara akan hadir

Jadi Panitia Sufi Internasional, Prabowo dan Habib Luthfi Lapor JokowiMenteri Pertahanan Prabowo Subianto dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Habib Luthfi bin Yahya (IDN Times/Istimewa)

Prabowo mengatakan, muktamar itu akan dihadiri oleh ulama sufi dari 64 negara. Prabowo mengatakan, Muktamar Sufi Internasional itu akan membahas empat bidang.

"Di mana akan membahas empat bidang, pendidikan sufi dan pengaruhnya dalam penyucian jiwa, kedua, ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, ketiga, industri media dan opini publik, keempat, peran penting tasawuf dalam membangun manusia dan mengembangan peradaban," kata dia.

Baca Juga: Tokoh Sufi Berpengaruh, Habib Luthfi Raih Doktor Honoris Causa Unnes 

2. Prabowo undang Jokowi membuka muktamar

Jadi Panitia Sufi Internasional, Prabowo dan Habib Luthfi Lapor JokowiMenteri Pertahanan Prabowo Subianto dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Habib Luthfi bin Yahya (IDN Times/Istimewa)

Dalam pertemuan itu, panitia mengundang Presiden Jokowi untuk membuka langsung muktamar pada 29 Agustus 2023. Jokowi juga memberikan arahan agar panitia berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya.

"Jadi, arahan presiden agar juga melaksanakan suatu koordinasi dan kerja sama dengan kementerian lain, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri untuk kelancaran muktamar internasional ini," kata dia.

Baca Juga: Menari Sufi Mengendapkan Emosi

3. Habib Luthfi enggan bicara politik

Jadi Panitia Sufi Internasional, Prabowo dan Habib Luthfi Lapor JokowiIDN Times/ Muchammad Haikal

Dalam kesempatan itu, Habib Lutfhi mengaku enggan berbicara politik. Dia juga enggan ditanya mengenai isu politik.

"Maaf ya, saya tidak mau digiring urusan politik," ujar Habib Luthfi.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya