Jaga Marwah Mahkamah Konstitusi, Suhartoyo Akan Permanenkan MKMK

Akui tak mudah kembalikan kepercayaan MK

Jakarta, IDN Times - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Suhartoyo, akan terus menjaga marwah lembaga yang dipimpinnya. Suhartoyo mengatakan, salah satu cara agar MK dipercaya lagi adalah mempermanenkan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

"Sebagai langkah awal pembuktian dari kami dan tuntutan serta harapan masyarakat mahkamah Konstitusi akan mempercepat pembentukan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi secara permanen," ujar Suhartoyo di ruang sidang pleno gedung MK, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Suhartoyo mengatakan, MK akan memberikan ruang bagi publik untuk memberikan saran dan kritik yang membangun.

"Sebagai salah satu wujud partisipasi publik yang kami yakini akan mendorong peningkatan performa Mahkamah Konstitusi dan penguatan iklim demokrasi Indonesia," kata dia.

Meski demikian, Suhartoyo mengaku tak mudah mengembalikan kepercayaan publik terhadap MK. Suara dia pun bergetar ketika menyatakan akan berupaya dengan maksimal agar rakyat kembali percaya terhadap MK.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan kepercayaan, meskipun kami menyadari hal tersebut tidak mudah dilakukan seperti membalik telapak tangan," ucap Suhartoyo.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya