Jelang HUT ke-78, TNI Pamerkan Alutsista hingga Donor Darah di Monas

Pameran digelar 24 September hingga 5 Oktober 2023

Jakarta, IDN Times - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar pameran alat utama senjata (alutsista) hingga donor darang, jelang perayaan HUT ke-78. Pameran alutsista yang berlangsung di Monas, Jakarta Pusat, digelar mulai 24 September hingga 5 Oktober 2023.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan, pameran alutsista digelar secara gratis. Sehingga, masyarakat bisa menyaksikan lagsung.

"Sebelumnya, kami laksanakan pameran alutsista serta bakti sosial. Masyarakat dapat hadir melihat, silakan masyarakat berduyun-duyun melihat hiburan dan pameran alutsista HUT ke-78 TNI," ujar Yudo dilansir ANTARA, Minggu (24/9/2023).

Baca Juga: Jokowi soal Perpanjangan Masa Jabatan Panglima TNI: Masih dalam Proses

1. Alutsista yang dipamerkan dari 3 matra TNI dan Polri

Jelang HUT ke-78, TNI Pamerkan Alutsista hingga Donor Darah di MonasParade alutsista TNI di HUT ke-77 TNI di depan Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (5/10/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Alutsista yang dipamerka itu berasal dari TNI AD sebanyak 45 unit, TNI AL sebanyak 45 unit, dan TNI AU sebanyak 30 unit. Selain itu, alutsista dari Polri sebanyak 5 unit juga ikut mejeng dalam pameran tersebut.

Selain pameran, TNI juga menggelar lomba lari Panglima TNI Run dengan 10 ribu peserta. Kategori lomba lari itu dari 5K, 10K, dan 21K.

Baca Juga: Mabes TNI Respons Video Viral Panglima soal Piting Warga Rempang

2. Ada sunatan massal hingga donor darah

Jelang HUT ke-78, TNI Pamerkan Alutsista hingga Donor Darah di MonasDonor darah TNI dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI di Monas (IDN Times/Istimewa)

TNI juga menggelar sunatan massal dan donor darah. Peserta sunatan massal 2.700 orang.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi adanya kegiatan donor darah, dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI. Menurutnya, TNI menargetkan 78 ribu orang ikut mendonorkan darah.

"Ini program donor darah besar dan luar biasa, 78 ribu bagi PMI dan seluruh masyarakat," ucap JK dalam keterangannya.

3. Donor darah untuk membantu sesama

Jelang HUT ke-78, TNI Pamerkan Alutsista hingga Donor Darah di MonasDonor darah TNI dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI di Monas (IDN Times/Istimewa)

JK kemudian berterima kasih kepada TNI. Sebab, kegiatan donor darah merupakan sarana untuk saling membantu sesama.

"Bisa membantu sesama bila ada kecelakaan, penyakit, dan sebagainya," kata dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya