Jokowi Cuti Lebaran ke Solo, Tapi Tetap Kerja Terima Laporan Menteri

Jokowi tetap memantau situasi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengambil cuti Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, Presiden Jokowi lebaran bersama keluarganya di Solo, Jawa Tengah.

"Selama cuti lebaran biasanya bersama keluarga," ujar Bey kepada wartawan, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Akan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

1. Jokowi masih terima laporan dari menteri

Jokowi Cuti Lebaran ke Solo, Tapi Tetap Kerja Terima Laporan MenteriPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Bey menerangkan, meski cuti lebaran, Presiden Jokowi bekerja. Jokowi masih menerima laporan dari para menterinya.

"Tetap memantau situasi di Tanah Air, utamanya masalah mudik. Jadi meski libur, Presiden tetap berkomunikasi dengan para menterinya. Bisa memberikan arahan, atau meminta laporan," kata dia.

2. Selama cuti di Solo, Jokowi tak bawa pejabat

Jokowi Cuti Lebaran ke Solo, Tapi Tetap Kerja Terima Laporan MenteriPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Bey menerangkan, selama cuti lebaran, Presiden Jokowi tidak ingin membawa pejabat. Menurutnya, hanya Paspampres dengan jumlah terbatas yang ikut ke Solo.

"Ya terbatas, jadi yang dinas di suasana cuti bersama sangat terbatas. Jadi perangkat yang terbatas kan ada Paspampres melekat, yang lain gak usah. Kayak saya gak ikut ke Solo," ucap dia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Rayakan Idul Fitri 1444 H di Solo

3. Wapres Ma'ruf Amin melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Jokowi Cuti Lebaran ke Solo, Tapi Tetap Kerja Terima Laporan MenteriWapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Diketahui, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dipastikan melaksanakn salat Idul Fitri 1444 H/2023 M di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Hal itu disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Nasaruddin Umar, dalam acara Ngobrol Seru by IDN Times.

"Yang konfirmasi ke kita itu insyaAllah Wapres di sini, pasti di sini, karena sudah ada konfirmasi," ujar Nasaruddin.

Nasaruddin mengatakan, Istiqlal merupakan masjid negara yang senantiasa menerapkan standar keamanan VVIP. Menurutnya, standar tersebut berlaku meski Presiden dan Wakil Presiden tak melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

"Alhamdulillah kita punya standar Istiqlal, karena ini masjid negara, VVIP sering datang ke sini untuk berkunjung terutama pada hari-hari Idul Fitri, Idul Adha, standar kita ada pengawalan, pengamanan, ketertiban, keamanan, sampai kepada hal-hal yang sifatnya keindahan, aksesoris sudah dipersiapkan semuanya," kata dia.

Menurutnya, standar keamanan VVIP itu tetap berlaku karena masih ada menteri hingga duta besar negara sahabat yang melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya