Jokowi Dikabarkan Lantik Mentan dan KSAD yang Baru Hari Ini

Amran Sulaiman disebut akan kembali menduduki posisi lamanya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo disebut akan melantik Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang baru, menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini, Rabu (25/10/2023).

Selain itu, Jokowi juga disebut akan melantik menteri pertanian yang baru, untuk menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang saat ini ditahan KPK terkait kasus dugaan korupsi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, Jokowi akan melantik kedua pejabat baru itu pada Rabu pagi sebelum pukul 10.00 WIB, di Istana Negara, Jakarta. Setelahnya Presiden berangkat ke daerah untuk kunjungan kerja.

Baca Juga: Jokowi Beri Kode Reshuffle Kabinet Pekan Ini

1. Amran Sulaiman kembali jadi menteri pertanian?

Jokowi Dikabarkan Lantik Mentan dan KSAD yang Baru Hari IniIDN Times/Imron

Mengenai menteri pertanian (mentan) yang akan dilantik, Sumber IDN Times di pemerintah membenarkan nama Amran Sulaiman.

"Iya (Amran akan dilantik)," ujar dia, saat dihubungi Selasa (24/10/2023).

Amran merupakan Menteri Pertanian Kabinet Kerja, periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi, tahun 2014-2019.

Bila Amran yang dilantik menjadi mentan, artinya dia kembali menempati jabatan yang sama di masa pemerintahan Presiden Jokowi.

2. Letjen Agus Subiyanto calon kuat pengganti Jenderal Dudung

Jokowi Dikabarkan Lantik Mentan dan KSAD yang Baru Hari IniPanglima TNI Laksamana Yudo Margono dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina pada Senin (6/3/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Terkait Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang akan dilantik, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto merupakan calon kuat untuk menggantikan Jenderal Dudung.

"KSAD pengganti tunggu esok kepastiannya, ya, Agus calon kuat," kata Meutya

Dudung sendiri akan memasuki masa pensiun pada November 2023.

3. Pelantikan di Istana Negara

Jokowi Dikabarkan Lantik Mentan dan KSAD yang Baru Hari IniIstana Merdeka, Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Secara terpisah, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, membenarkan besok ada pelantikan pejabat negara. Namun, Ari enggan membocorkan siapa saja pejabat negara yang akan dilantik.

"Besok memang direncanakan ada pelantikan pejabat di Istana Negara. Mengenai siapa yang dilantik dan dalam posisi apa, nanti saya akan update lagi," kata Ari kepada IDN Times.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memberi kode akan ada perombakan kabinet atau reshuffle pekan ini. Jokowi mengatakan, salah satu pos yang akan diisi adalah menteri pertanian.

Baca Juga: Jokowi Akan Ganti Jenderal Dudung, Mabes TNI AD Gelar Rapat Koordinasi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya