Comscore Tracker

Jokowi: Fokus Evakuasi Korban Gempa Cianjur, Bangun Rumah Setelahnya

Jokowi kembali datangi Cianjur

Cianjur, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, fokus pemerintah saat ini pascagempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, adalah mencari korban yang tertimbun di bawah reruntuhan.

"Saya datang ke Kecamatan Cugenang, ini karena memang adalah episentrumnya. Dan yang paling parah terutama untuk rumah-rumah yang roboh paling banyak di sini, yang meninggal pun yang banyak juga di sini," ujar Jokowi di Cianjur, Kamis (24/11/2022).

Jokowi mengatakan, setelah evakuasi selesai dilaksanakan, fokus pemerintah berada di distribusi bantuan. Dia berharap, distribusi bantuan seperti makanan, obat-obatan, pakaian dapat segera menjangkau ke semua titik pengungsian.

"Yang paling penting, setelah nanti evakuasi selesai distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi," kata doa.

Setelahnya, kata Jokowi, pemerintah baru fokus pada perbaikan rumah dan fasilitas publik yang rusak akibat gempa. Pemerintah akan memberikan bantuan Rp50 juta untuk kategori rumah rusak berat, Rp25 juta rusak sedang dan Rp10 juta rusak ringan.

"Baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang maupun yang ringan," imbuhnya.

Baca Juga: Kesamaan Gempa Cianjur dan Gempa Jogja 2006, Timbulkan Kerusakan Besar

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya