Jokowi Instruksikan Sekolah yang Rusak di Cianjur Segera Diperbaiki

Jokowi juga minta fasilitas umum lain agar segera diperbaiki

Cianjur, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengunjungi sejumlah titik yang terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat, Senin (5/12/2022). Dalam kunjungannya itu, Jokowi menginstruksikan agar sekolah yang rusak akibat gempa segera direhabilitasi.

Ketika berada di SMP Negeri 1 Warungkondang Cianjur, Jokowi sempat melihat beberapa kerusakan. Dia mengatakan, proses perbaikan sudah mulai dikerjakan.

"Saya tadi ke sekolah, sudah dimulai juga di SMP 1 di Warungkondang tadi dimulai, nanti yang lain juga sama karena tidak hanya 1-2, ini banyak tapi segera dimulai," ujar Jokowi, saat kunjungan.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta fasilitas umum lainnya agar segera diperbaiki. Dia juga menginstruksikan reruntuhan bagunan yang rusak segera dibersihkan, agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

"Untuk masjid, misalnya, tadi di Warungkondang juga ini sudah dimulai juga, karena sudah dibersihkan oleh majelisnya, sehingga segera bisa kita bangun," kata dia.

Sebelum mengunjungi SMP Negeri 1 Warungkondang, Jokowi juga meninjau Pondok Pesantren Darul Falah. Jokowi sempat membagikan sejumlah bantuan untuk para santri.

Jokowi menegaskan, kunjungan ketiganya pascagempa ini untuk memastikan proses relokasi pembangunan rumah berjalan lancar. Dia juga memastikan, dana bantuan perbaikan rumah warga yang rusak cair pada Kamis, 8 Desember 2022.

Besaran bantuan yang diberikan dari pemerintah dibagi tiga kategori. Untuk kategori rusak berat mendapat bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta.

Baca Juga: Jokowi ke Cianjur Lagi, Pastikan Dana Bangun Rumah Cair 8 Desember

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya