Jokowi Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara, Apa Itu?

Platform ini bisa digunakan untuk interaksi dunia virtual

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meluncurkan platform digital bernama Jagat Nusantara. Platform tersebut disebut bisa berinteraksi sosial di dunia virtual.

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim, pada sore hari ini secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara," ujar Jokowi di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Usai peluncuran, avatar Jokowi muncul di layar Jagat Nusantara. Jokowi versi avatar itu mengajak peserta yang hadir untuk masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN) versi digital.

Dalam versi avatar, Jokowi mengajak generasi muda untuk terus berinovasi untuk kemajuan bangsa.

"Para generasi muda harus bersatu untuk membangun masa depan bangsa, baik secara ekonomi riil maupun ekonomi digital. Nah, ini salah satunya. Ayo ikut saya. Masa depan kita mulai dari sini. Selamat datang di Ibu Kota Nusantara. Di sini kita akan berkumpul, berkreasi, bersosialisasi dengan saudara-saudara kita," ucap dia.

Baca Juga: Otorita IKN akan Wujudkan Pembangunan IKN Nusantara yang Kelas Dunia

1. Jokowi sebut Jagat Nusantara bisa dijadikan untuk berbagi ilmu

Jokowi Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara, Apa Itu?Presiden Jokowi meluncurkan platform digital bernama Jagat Nusantara (dok. Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Jagat Nusantara ini berpeluang untuk dijadikan sarana berbagi ilmu. Sebab, aplikasi ini bisa mempertemukan orang-orang hebat dari Indonesia dan dunia melalui versi digital.

"Para seniman Tanah Air juga dapat berkreasi dan menikmati hasilnya seperti konser musik. Kita juga bisa berolahraga, akan menjadi pengalaman bersama yang seru. Ayo generasi muda mari kita membangun Ibu Kota Nusantara bersama-sama melalui inovasi dan kreativitas," kata dia.

Baca Juga: KSP: Otorita IKN Langsung Operasi Usai Aturan Turunan UU IKN Terbit

2. Wishnutama sebut anak muda harus bisa menangkap peluang

Jokowi Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara, Apa Itu?Presiden Jokowi meluncurkan platform digital bernama Jagat Nusantara (dok. Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Founding Chairman Jagat, Wishnutama Kusubandio, mengatakan saat ini eranya sudah didominasi teknologi dan digital. Oleh karenanya, dia menyebut anak muda harus bisa menangkap peluang dengan cepat dan tepat.

"Sebuah platform social immersive berbasis web dan mobile yang menghubungkan pengguna dengan dunia virtual. Kita bisa bilang ini the next generation of social media, hasil kerja keras dan kolaborasi anak-anak muda kita," kata Wishnutama.

3. Tentang Jagat Nusantara

Jokowi Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara, Apa Itu?Presiden Jokowi meluncurkan platform digital bernama Jagat Nusantara (dok. Sekretariat Presiden)

Jagat Nusantara ini merupakan platform digital lokal berbasis interaksi sosial di dunia virtual. Platform ini bisa diakses melalui play jagatio di web dan aplikasi mobile.

Jagatio merupakan platform dunia virtual pertama di Indonesia yang terhubung dengan kota nyata yakni Ibu Kota Nusantara (IKN). Pada aplikasinya, pengguna dapat memanfaatkan Jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nobar film, konser virtual, pertunjukan dan showcase karya digital, dan interaksi lainnya secara imersit, baik melalui telepon genggam ataupun web.

Jagat Nusantara akan dikembangkan secara bertahap dengan mengumpukan masukan dan analisis perilaku aplikasi dari pengguna. Hal itu dilakukan sebagai upaya inovasi untuk memenuhi kebutuhan ekspresi masyarakat Indonesia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya