Jokowi Minta Daerah Terisolasi di Cianjur akibat Gempa Segera Dibuka

Jokowi bilang kalau tidak bisa darat, pakai heli

Cianjur, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar rapat mendadak di tenda pengungsian, saat berkunjung ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dalam rapat tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto melaporkan masih ada daerah di Cianjur yang terisolasi usai gempa.

"Ada beberapa daerah yang masih terisolasi, kami berusaha buka," ujar Suharyanto kepada Jokowi, Selasa (22/11/2022).

Mendengar laporan itu, Jokowi meminta agar daerah yang terisolasi segera dibuka. Proses evakuasi terhadap daerah yang terisolasi harus didahulukan.

"Dahulukan, kalau perlu pakai heli, pakai heli. Kalau tidak bisa pakai darat, pakai heli," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menginstruksikan agar infrastruktur yang rusak dapat segera diperbaiki. Perbaikan itu meliputi fasilitas umum dan rumah warga yang rusak akibat gempa.

"Kemudian kalau sudah tenang, reda, langsung dimulai saja (perbaikan infrastruktur)," ucap dia.

Rapat tersebut diikuti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy; Kepala BNPB Suharyanto: Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman; Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil; Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak; Pangdam III/Siliwangi Mayjen Kunto Arief Wibowo; Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Suntana; dan Bupati Cianjur Herman Suherman juga hadir dalam rapat.

Baca Juga: Jalan Nasional Cianjur-Cipanas Ditargetkan Dibuka Kembali Siang Ini

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya