Jokowi Pastikan Warga Bisa Jajal KA Cepat Gratis di Masa Uji Coba

Kuy, coba kereta cepat gratis!

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memastikan masyarakat bisa menjajal Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara gratis di masa uji coba. Hal itu Jokowi sampaikan usai uji coba KA Cepat di Stasiun Padalarang, Bandung Barat.

"Tetap (gratis), biar orang mencoba, masyarakat mencoba," ujar Jokowi, Selasa (13/9/2023).

Jokowi mengatakan, saat ini progres pembangunan fasilitas di sejumlah stasiun yang dilewati KA Cepat sudah 92 persen. Dia berharap, peresmian sesuai target yang sudah ditetapkan, yakni 1 Oktober 2023.

"Iya, awal Oktober," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui kenyamanan saat menjajal KA Cepat. Menurutnya, kecepatan 350 km per jam tidak terasa.

"Nyaman dan pada kecepatan tadi 350 (km per jam) tidak terasa sama sekali, baik saat duduk maupun saat saya berjalan. Sehingga, ya ini lah peradaban. Kecepatan," ucap dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan uji coba itu dibuka secara gratis.

Adapun jadwalnya ditetapkan setelah Perdana Menteri (PM) China, Li Qiang, menjajal KA Cepat bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, pada Rabu (6/9/2023).

"Nanti sampai tanggal 20 itu kita akan alokasikan untuk masyarakat dan undangan-undangan," kata Didiek di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta Bandung Bareng Luhut dari Halim

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya