Jokowi Perintahkan Tim Prioritaskan Evakuasi Korban yang Tertimbun

Jokowi senang jalan akses ke Cianjur bersih dari longsor

Cianjur, IDN Times - Sejumlah jalan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sempat tertutup tanah longsor usai gempa mengguncang pada Senin (21/11/2022). Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang hari ini, Selasa (22/11/2022), berkunjung ke Cianjur mengaku senang akses jalan ke Cianjur sudah bersih.

"Yang paling penting, saya senang akses jalan yang kemarin tertimbun sudah tadi sampai pagi bisa dibuka, alhamdulillah dan ini nanti akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun," ujar Jokowi di Cianjur.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memerintahkan tim penyelamat untuk memprioritaskan evakuasi korban yang masih tertimbun reruntuhan bangunan.

"Untuk korban-korban yang masih tertimbun saya juga telah perintahkan agar itu didahulukan evakuasinya, penyelamatan didahulukan," ujar Jokowi di Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa.

"Yang rusak berat akan diberikan bantuan Rp50 juta, yang sedang diberikan bantuan Rp20 juta dan yang ringan diberikan bantuan Rp10 juta," kata dia.

"Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR, karena tadi disampaikan oleh BMKG, bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk yang rumah anti gempa," sambungnya.

Sebelumnya, Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan Jokowi berangkat ke Cianjur melalui jalur darat.

"Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka,” ujar Bey.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Duka Cita Gempa Cianjur, Minta Semua Beri Bantuan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya