Jokowi Putuskan Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pekan Ini

Jokowi masih belum menerima nama calon Pj Gubernur Jateng

Jakarta, IDN Times - Ganjar Pranowo akan selesai masa tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 5 September 2023. Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku belum menerima nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah.

"Pj belum, belum masuk ke meja saya," ujar Jokowi di SMKN Jawa Tengah, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga: Simak Lur! Ini 3 Kandidat Pj Gubernur Jateng, Salah Satunya Kepala BKKBN

1. Jokowi putuskan Pj Gubernur Jawa Tengah pekan ini

Jokowi Putuskan Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pekan IniPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mengatakan, seleksi Pj Gubernur Jawa Tengah dilakukan oleh Tim Penilai Akhir (TPA). Dia mengatakan, nama calon Pj Gubernur Jawa Tengah sudah diterima dan akan segera diputuskan.

"Paling lambat minggu ini, kalau sudah masuk di meja saya, kita putuskan. Belum. Kalau ditanya siapa, belum tahu," ucap dia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Beberkan Cara Ekonomi RI Bisa Tumbuh 7 Persen per Tahun

2. Kandidat calon Pj Gubernur Jawa Tengah

Jokowi Putuskan Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pekan IniKetua DPRD Jateng yang baru Sumanto berfoto dengan diapit Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ketua DPRD Jateng, Sumanto, mengungkapkan, setidaknya ada tiga nama yang digadang-gadang menjadi Pj Gubernur Jawa Tengah.

Saat ini pihaknya sudah mengusulkan tiga nama tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk diteruskan kepada Presiden Jokowi.

"Kriterianya ketiga orang tersebut bisa melanjutkan program-program dari Pak Gubernur. Itu sudah diusulkan ke Kemendagri," ujar Sumanto di gedung DPRD Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (7/8/2023). 

Baca Juga: Survei: Duet Prabowo-Erick Kalahkan Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHY

3. Hasto Wardoyo dan Kepala Badiklat masuk daftar pengganti Ganjar

Jokowi Putuskan Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pekan IniKepala BKKBN Hasto Wardoyo (Dok. BKKBN)

Menurutnya, ketiga nama itu akan diusulkan menjadi Pj Gubernur Jawa Tengah. Ia mengatakan, nama yang diusulkan antara lain Sekda Jateng, Sumarno; Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo; serta Kepala Badan Diklat Kejagung RI, Tony Tribagus Spontana. 

Sumanto mengatakan, ketiga nama itu telah disepakati setelah melalui rapat gabungan. Seluruh pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi di DPRD Jateng turut dalam musyawarah pengusulan nama tersebut. 

"Ada tiga usulan calon Penjabat Gubernur Jawa Tengah. Antara lain ada nama Hasto Wardoyo Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Tony Tribagus Spontana Kepala Badan Diklat Kejagung RI dan Sumarno Sekretaris Daerah Jawa Tengah," ucapnya.

Baca Juga: Gubernur 2 Kali, Ganjar Pamer Investasi Ratusan Triliun Masuk Jateng

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya