Comscore Tracker

Jokowi Sampaikan Duka Cita untuk Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan

Jokowi minta PSSI menghentikan sementara gelaran Liga 1

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan duka cita atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10/2022). Tercatat, ada 129 orang meninggal dunia dalam peristiwa itu.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (2/10/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun memerintahkan kepada Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk memberikan perawatan terbaik terhadap korban tragedi Kanjuruhan.

"Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor, khususnya layanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara Liga 1 buntut dari tragedi memilukan tersebut.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait prosedur keamanan dan penyelenggaraan sepak bola di Indonesia.

"Saya menyesalkan terjadinya tragedi ini dan saya berharap ini tragedi terakhir di sepak bola Tanah Air. Jangan sampai lagi ada tragedi-tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Minta PSSI Hentikan Sementara Liga 1 Imbas Tragedi Kanjuruhan

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya