Jokowi Tegur Zulhas Kampanyekan Anaknya: Fokus Kerja Turunkan Harga 

Jokowi minta menterinya datang ke pasar cek harga migor

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk fokus bekerja. Teguran itu diberikan karena Zulhas mempromosikan putrinya, Futri Zulya Savitri, untuk dipilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 sambil membagikan minyak goreng curah kemasan, di Telukbetung Timur, Bandar Lampung pada Sabtu, 9 Juli 2022.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja, kalau Menteri Perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14 ribu atau di bawah Rp14 ribu. Paling penting itu, tugas dari saya itu," ujar Jokowi di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Zulhas dan Anaknya Bagi Migor, Jubir Muda PAN: Beli dari Dana Pribadi 

1. Jokowi minta semua menteri fokus kerja, terutama bidang energi dan pangan

Jokowi Tegur Zulhas Kampanyekan Anaknya: Fokus Kerja Turunkan Harga Presiden Jokowi berkunjung ke Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta semua menteri yang ada di Kabinet Indonesia Maju untuk fokus bekerja. Terlebih, kata Jokowi, menteri memiliki tugas di bidang energi dan pangan.

"Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan energi sama pangan. Itu penting, urusan BBM, berkaitan dengan energi batu bara, semuanya, karena dunia terdistrubsi di energi dan pangan. Jadi konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," tegas Jokowi.

Baca Juga: Zulhas Promosi Anak Maju Pileg, DPW PAN Lampung: Kapasitasnya Ketua

2. Datang ke pasar harus mengecek harga minyak goreng curah

Jokowi Tegur Zulhas Kampanyekan Anaknya: Fokus Kerja Turunkan Harga Presiden Jokowi berkunjung ke Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, dalam setiap kunjungannya ke pasar tradisional bertujuan untuk mengecek harga minyak goreng curah, sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp14 ribu.

"Jadi, ke pasar-pasar adalah dalam rangka mengecek, saya pun sama mengecek minyak goreng utamanya ini yang kita cek itu minyak curah lho ya," ucap dia.

"Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium, yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka di Rp14 ribu atau di bawahnya," sambungnya.

3. Zulhas promosikan anaknya viral di media sosial

Jokowi Tegur Zulhas Kampanyekan Anaknya: Fokus Kerja Turunkan Harga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, video promosi Zulhas untuk anaknya viral di media sosial. Dalam potongan video itu, Zulhas tampak berpidato sembari mengajak sejumlah ibu-ibu duduk di hadapannya untuk berdialog terkait keberadaan produk minyak goreng milik Kemendag, Miyakita.

"Ibu-ibu di sini diundang katanya ada minyakita murah ya? Disuruh beli berapa?" tanya Zulhas.

"Rp10 ribu," jawab ibu-ibu.

"Rp10 ribu dapetnya?" tanya Zulhas.

"2 liter," jawab ibu-ibu lagi.

Setelah itu, Zulhas menanyakan kepada ibu-ibu apakah membawa uang Rp10 ribu tersebut. Ketika ibu-ibu menjawab, Zulhas langsung menjelaskan kepada ibu-ibu untuk tidak perlu menggunakannya.

Pasalnya, Minyakita akan dibagikan oleh Futri secara gratis. Meskipun dibagikan secara gratis, namun Zulhas meminta ibu-ibu untuk memilih sang putri dalam Pileg 2024 mendatang.

"Uangnya dikantongi aja, 10 ribu yang nanggung Futri tuh Futri, kasih uangnya, kasih tuh. Tapi nanti milih Futri ya? Oke, kalau ada Futri tiap dua bulan ada deh kaya ginian, cocok gak?," pinta Ketum PAN tersebut

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya