Junjung Toleransi, Ormas Katolik Vox Point Rayakan HUT di Pesantren

Sikap toleransi beragama harus terus dijaga

Jakarta, IDN Times - Indonesia sudah saling menghormati dan toleransi terhadap kepercayaan agama orang lain sejak zaman dahulu. Hal itu juga yang terus dipupuk hingga kini.

Menjunjung toleransi, salah satu ormas Katolik, Vox Point Indonesia merayakan hari jadi organisasinya yang ke-8 di Pondok Pesantren Sirajussa'adah, Depok, Jawa Barat, pada Selasa, 26 Maret 2024.

"Salah satu dasar pelaksanaan kegiatan ini untuk menjaga dan merawat nilai-nilai kebangsaan yang termuat dalam empat konsensus berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," ujar Ketua Umum Vox Point Indonesia, Handojo dalam keterangannya, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: Wujud Toleransi, 7 Potret Perdana Dita Kerang Bukber di Panti Sosial

1. Berkomitmen menjaga dan merawat kebhinekaan

Junjung Toleransi, Ormas Katolik Vox Point Rayakan HUT di PesantrenOrmas Katolik Vox Point Rayakan HUT di Pesantren Sirajussa'adah, Depok (IDN Times/Istimewa)

Handojo mengatakan, organisasinya sengaja mempererat tali silaturahmi dengan agama lain. Tujuannya, menjaga dan merawat kebhinekaan yang ada di Indonesia.

"Kita melakukan silaturahmi kebangsaan dengan semua elemen bangsa. Tanpa perjumpaan, kita hanya bisa berasumsi. Perjumpaan akan membawa suasana lebih cair dan kita bisa berbagi pengalaman, ide dan gagasan untuk membangun bangsa ini ke depan. Karena itu, persaudaraan dan persahabatan terus dijaga untuk persatuan Indonesia. Karena persaudaraan lebih awet daripada permusuhan," kata dia.

Baca Juga: 8 Meme Nonmuslim Ikutan Beli Takjil saat Ramadan, Indahnya Toleransi!

2. Toleransi yang terus dipupuk menjadikan persatuan dan kesatuan Indonesia semakin erat

Junjung Toleransi, Ormas Katolik Vox Point Rayakan HUT di PesantrenOrmas Katolik Vox Point Rayakan HUT di Pesantren Sirajussa'adah, Depok (IDN Times/Istimewa)

Ketua Panitia HUT ke-8 Vox Point Indonesia, Grace Siahaan Njo, mengatakan sikap toleransi beragama di Indonesia harus terus dipupuk. Apabila itu tetap terjaga, rasa persatuan dan kesatuan Indonesia semakin erat.

"Momen ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga tali silaturahmi dan berbagi kebahagiaan dengan sesama. Kerukunan dan toleransi yang terus dipupuk, melalui sikap saling menghormati, saling menghargai, yang tentunya dilandasi oleh nilai-nilai luhur Pancasila akan membawa kita pada kehidupan berbangsa yang penuh damai dan sejahtera," kata Grace.

3. Pimpinan pesantren sampaikan terima kasih atas kunjungannya

Junjung Toleransi, Ormas Katolik Vox Point Rayakan HUT di PesantrenOrmas Katolik Vox Point Rayakan HUT di Pesantren Sirajussa'adah, Depok (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Pimpinan Pondok Pesantren Sirajussa'adah, KH. Abdulrahman, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Vox Point Indonesia. Menurutnya, semua rakyat Indonesia berada dalam satu naungan persaudaraan sesama anak bangsa.

"Kami berterima kasih, karena Pondok Pesantren Sirajussa'adah dipilih sebagai tempat silaturahmi dalm rangka HUT Vox Point Indonesia ke-8. Kita punya visi misi yang sama ingin merawat dan menjaga bangsa Indonesia. Kekayaan kita di situ, dari semua agama menjaga NKRI. Bahwa kita hidup dalam keberagaman, tapi tak membuat cerai-berai," ujar Abdulrahman.

Baca Juga: Cerita Warga Tionghoa di Pecinan Semarang, Kenalkan Tradisi Junjung Toleransi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya