KALEIDOSKOP 2023: Deretan Menteri Jokowi yang Terjerat Korupsi

Ada Johnny G Plate, Syahrul Yasin Limpo dan Eddy Hiariej

Jakarta, IDN Times - Tahun 2023 kurang dari sepekan akan berakhir. Bagi sobat milenial dan Gen Z tentu masih ingat kasus pembantu Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang terjerat kasus korupsi.

Sebut saja Johnny G. Plate, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika, yang diduga terjerat kasus korupsi BTS 4G BAKTI. Saat ini, Johhny masih menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejaksaan Agung (Kejagung) menuntut Johnny dengan hukuman 15 tahun penjara. Johnny dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi proyek menara BTS BAKTI Kominfo.

Johnny juga didenda Rp1 miliar dan uang pengganti Rp17,8 miliar. Uang pengganti itu harus dibayar sebulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap atau diganti kurungan penjara Rp7,5 miliar

Baca Juga: Aliran Uang Korupsi Proyek BTS Kominfo: Johnny Plate Dapat Rp15,5 M

1. Jokowi pecat Johnny Plate sebagai Menkominfo

KALEIDOSKOP 2023: Deretan Menteri Jokowi yang Terjerat KorupsiMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Pada Mei 2023, Presiden Jokowi resmi memecat Johnny Plate sebagai Menkominfo setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejagung.

Pemberhentian itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 41/P Tahun 2023 mengenai Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. 

“Disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut,” demikian tulis Keppres tersebut seperti dilansir dari keterangan Kominfo, Sabtu (20/5/2023).

Ketika itu, Presiden Jokowi menunjuk Mahfud MD sebagai Plt Menkominfo. Kemudian, pada 17 Juli 2023 Jokowi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Sebelum menjadi Menkominfo, Budi Arie merupakan Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 

Baca Juga: KPK Perpanjang Masa Penahanan Syahrul Yasin Limpo hingga 30 Hari

2. Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tersangka

KALEIDOSKOP 2023: Deretan Menteri Jokowi yang Terjerat KorupsiMantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengenakan rompi tahanan KPK usai konferensi pers penahanan dirinya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Ada juga Syahrul Yasin Limpo, yang merupakan mantan Menteri Pertanian di Kabinet Indonesia Maju yang terjerat korupsi.

Syahrul Yasin Limpo ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi. Sepanjang 2020-2023, Syahrul diduga membuat kebijakan personal yang memaksa bawahannya menyetor uang bulanan untuknya.

Uang yang diterima Syahrul melalui perantara Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin, Muhammad Hatta. Bukti permulaan yang didapatkan KPK sejauh ini senilai Rp13,9 miliar dan masih dapat berkembang lewat penyidikan.

Uang yang diterima itu diduga digunakan Syahrul untuk sejumlah kepentingan pribadi seperti membayar cicilan kartu kredit, cicilan mobil Toyota Alphard, perbaikan rumah pribadi, tiket pesawat bagi keluarga, hingga pengobatan dan perawatan wajah yang nilainya miliaran rupiah.

Penyidik juga menemukan dugaan Syahrul, Kasdi, Hatta beserta sejumlah pejabat Kementan lain umrah ke tanah suci memakai uang tersebut, serta ditemukan juga aliran uang untuk kepentingan Partai NasDem. Nilainya diduga mencapai miliaran rupiah.

Presiden Jokowi kemudian melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan). Amran bukan orang baru di pemerintahan Presiden Jokowi. Dia pernah menjabat Menteri Pertanian Kabinet Kerja masa pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama, tahun 2014-2019.

3. Eks Wamenkumham Eddy Hiariej juga jadi tersangka

KALEIDOSKOP 2023: Deretan Menteri Jokowi yang Terjerat KorupsiWamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej (IDN Times/Aryodamar)

Kemudian, ada nama eks Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Status hukum itu diumumkan pada Kamis (7/12/2023).

Selain Eddy, KPK mengumumkan tiga tersangka lainnya. Mereka adalah Yosie Andika Mulyadi (advokat) dan Yogi Ari Rukmana (asisten pribadi Eddy Hiariej), serta Direktur PT Citra Lampia Mandiri, Helmut Hermawan.

Eddy, pada Senin, 4 Desember 2023 mengajukan surat pengunduran diri sebagai Wamenkumham kepada Presiden Jokowi.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya