Kawal Pemilu 2024, PKB Luncurkan Lembaga Saksi Pemenangan Nasional

PKB ingin jaga pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meluncurkan lembaga saksi pemenangan nasional untuk mengawal pemilu 2024. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, meluncurkan secara langsung lembaga saksi pemenangan nasional tersebut.


"Hari ini PKB me-launching lembaga saksi pemenangan nasional, lembaga yang sangat strategis untuk mengawal perolehan suara di setiap pemilu, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden, yang diakhir dengan pemilihan kepala daerah," ujar Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta pusat, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Buka Kans Cak Imin Jadi Cawapres, PKB: Politik Itu Cair dan Dinamis

1. Akan ada saksi dari PKB di TPS

Kawal Pemilu 2024, PKB Luncurkan Lembaga Saksi Pemenangan NasionalPKB luncurkan lembaga saksi pemenangan nasional untuk mengawal pemilu 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an).

Cak Imin mengatakan akan ada saksi dari PKB yang diturunkan di tempat pemungutan suara (TPS). Para saksi itu akan turun hingga level kecamatan.

"Level TPS ini jadi ujung tombak, mengawal agar penghitungan di paling ujung setelah pemungutan suara benar-benar terjaga dan aman, kita menginginkan Pemilu tahun 1999 terulang dengan baik, dimana seluruh pihak menjadi pengawas dan menjadi saksi dari transparansi pelaksanaan Pemilu," kata dia.

Baca Juga: Strategi PKB Gaet Suara Anak Muda, Listrik Gratis hingga BBM Murah

2. Cak Imin: PKB berkewajiban menjaga pemilu 2024

Kawal Pemilu 2024, PKB Luncurkan Lembaga Saksi Pemenangan NasionalKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Cak Imin menegaskan, PKB memiliki kewajiban menjaga pemilu agar tetap transparan, bebas, jujur dan terbuka. Dia mengatakan lembaga saksi pemenangan nasional ini memiliki waktu 13 bulan untuk persiapan pemilu 2024.

"Kita akan terus melatih menyiapkan seluruh personel yang bekerja efektif di dalam menjalankan tugas, mengawal, menyaksikan, menghitung dan merekap sampai ditingkat nasional," ucap dia.

3. PKB targetkan 100 kursi DPR RI pada pileg 2024

Kawal Pemilu 2024, PKB Luncurkan Lembaga Saksi Pemenangan NasionalKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Cak Imin juga mengatakan, PKB menargetkan 100 kursi DPR RI pada pemilihan legislatif (pileg) 2024. Oleh karenanya, dia mengajak seluruh kader PKB untuk bekerja keras.

"Pileg kita menarget dari daerah pemilihan yang kosong, kita optimis 100 kursi. Itu mengisi 33 dapil kosong yang sedang kita kerjakan. Kita optimis kita bisa mengisi," katanya.

Baca Juga: Koalisi Gerindra-PKB, ke Mana Suara NU Berlabuh?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya