Kemenag Bersama Arab Saudi Gelar Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan Hadis

Acara ini digelar pada 22-25 Maret 2022

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) bersama Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi menggelar musabaqah hafalan Al-Qur'an dan hadis Amir Sultan bin Abdul Aziz ke-14. Musabaqah ini digelar selama 22-25 Maret 2022.

"Salah satu peran strategis yang perlu dilakukan secara optimal oleh para ulama dan pemimpin umat, adalah mendekatkan umat Islam dan memberikan pemahaman yang baik terhadap Al-Qur'an dan Hadis. Al-Qur'an dan hadis memiliki posisi yang penting dan mulia dalam kehidupan umat Islam," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Bimas Islam seperti dikutip IDN Times, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: 6 Ayat Al-Quran yang Bisa Menjadi 'Obat' Kegelisahan Hati

1. Acara musabaqah berikan dampak positif

Kemenag Bersama Arab Saudi Gelar Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan HadisPembukaan musabaqah hafalan Al-Qur'an dan Hadis Amir Sultan bin Abdul Aziz ke-14 (dok. Kemenag)

Kamaruddin mengatakan, musabaqah hafalan Al-Qur'an dan hadis ini memberikan dampak positif bagi umat muslim di Indonesia. Menurutnya, semangat umat Islam menghafal Al-Qur'an dan hadis bisa meningkat.

"Kegiatan ini juga telah memberikan dampak terhadap meningkatnya semangat umat muslim Indonesia, untuk menghafal Al-Qur'an dan hadis, serta menjadi sarana mempererat persatuan dan kesatuan bangsa serta memperkokoh jalinan persahabatan kedua negara," ucapnya.

Baca Juga: 5 Ayat Al-Qur'an Tentang Pentingnya Bersabar, Gak Akan Sia-Sia

2. Musabaqah hafalan Al-Qur'an dan hadis ini bisa dijadikan syiar Islam

Kemenag Bersama Arab Saudi Gelar Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan HadisDirjen Bimas Islam, Kamaruddn Amin (dok. Kemenag)

Lebih lanjut, Kamaruddin mengatakan, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai syiar Islam. Dia menerangkan, sudah ada ribuan peserta yang mendaftar dalam musabaqah hafalan Al-Qur'an dan hadis ini.

"Tercatat sebanyak 1.124 orang peserta yang mendaftarkan diri dari unsur pondok pesantren, LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an), perguruan tinggi, dan lembaga Islam lain," katanya.

3. Pesan Kemenag untuk para peserta

Kemenag Bersama Arab Saudi Gelar Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan HadisGedung Kementerian Agama (Kemenag) (IDN Times/Shemi)

Dalam kesempatan itu, Kamaruddin berpesan kepada para peserta musabaqah hafalan Al-Qur'an dan hadis untuk memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya. Menurutnya, peserta acara ini sudah disaring terlebih dahulu.

"Anda semua adalah orang yang beruntung dan terpilih dari sekian banyak para calon peserta yang mengikuti kegiatan ini," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya