Kondisi Terkini SBY Usai Operasi Kanker Prostat di Amerika Serikat

AHY dan keluarga berharap SBY cepat pulih

Jakarta, IDN Times - Putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhohyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono mengungkap kondisi sang ayah usai menjalani operasi kanker prostat. Menurutnya, Kondisi SBY dalam keadaan baik.

"Alhamdulillah, kondisi Bapak SBY di Amerika Serikat berangsur membaik, pasca operasi yang dijalankannya beberapa saat yang lalu. Selain karena penanganannya yang baik, lancarnya proses pemulihan kesehatan Pak SBY juga karena ditunjang oleh kesiapan mental, maupun fisik beliau yang cukup prima," ujar AHY dalam video confrence di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021).

AHY mengatakan ia bersama keluarganya senantiasa memberikan yang terbaik untuk perawatan SBY. Keluarga berharap SBY dapat segera pulih.

"Saya dan Mas Ibas, dengan dukungan istri dan anak-anak kami, memang sudah sepakat, untuk melakukan apapun yang terbaik bagi kesembuhan Bapak SBY. Sambil tetap fokus memimpin dan menjalankan roda organisasi, serta tugas-tugas kepartaian. Saya terus mengawal dan menyemangati Pak SBY, agar proses recovery bisa berjalan lebih cepat," katanya.

Baca Juga: Alhamdulillah, Kondisi SBY Baik Usai Operasi Kanker Prostat di AS

1. AHY ajak generasi muda tak sungkan rawat orang tua

Kondisi Terkini SBY Usai Operasi Kanker Prostat di Amerika SerikatKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dinilai ilegal di Jakarta, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

AHY kemudian mengajak generasi muda untuk tidak sungkan merawat orang tua. Dia meminta generasi muda untuk menyisihkan waktu luang dengan memberikan perhatian kepada orang tua.

"Bagi saudara-saudara yang orang tuanya telah tiada, sebagaimana ibunda saya, almarhumah Ibu Ani, yang telah berpulang ke rahmatullah, maka saya mengajak kita semua untuk berdoa; semoga orang tua kita diberikan kemuliaan di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, dan diampuni segala dosa-dosanya. Amin," ucapnya.

2. Kondisi SBY baik usai operasi kanker

Kondisi Terkini SBY Usai Operasi Kanker Prostat di Amerika SerikatKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di acara HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Diketahui, telah menjalani operasi bedah di Mayo Clinic Rochester, Amerika Serikat, akibat kanker prostat stadium awal yang ia derita.

Diunggah di akun Instagram @aniyudhoyono, SBY menyampaikan perkembangan kondisinya usai menjalani operasi besar untuk mengangkat kanker prostatnya.

“Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekpektasi, baik dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo dan tentunya harapan saya sendiri,” kata SBY dalam sebuah video yang diunggah, Selasa (23/11/2021).

SBY sebut sebelum operasi pengangkatan kanker prostat, ia telah berkonsultasi dengan tim dokter kepresidenan

Kondisi Terkini SBY Usai Operasi Kanker Prostat di Amerika SerikatKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di acara HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

SBY menuturkan operasi besar yang ia jalani memiliki sejumlah risiko. Apalagi usianya kini telah menginjak 72 tahun. Kendati, mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini menyebut telah berkonsultasi dengan tim dokter kepresidenan dan juga di Mayo Clinic.

“Namun, saya sudah mengambil keputusan dan setelah berkonsul dengan tim dokter Indonesia, utamanya tim dokter kepresidenan, bahwa tindakan operasi inilah yang menurut kondisi saya paling tepat,” ujar dia.

“Saya akan patuh untuk menjalankan apa-apa yang perlu saya lakukan sebagai pasien pasca operasi di Mayo Clinic ini,” imbuh SBY.

Baca Juga: Kubu Moeldoko Tuding AHY Mau Diskreditkan Jokowi karena Bawa-bawa KSP 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya