Kunjungi Pasar Petanahan Kebumen, Jokowi-Prabowo Beli Koko dan Peci

Baju koko dibeli Jokowi seharga Rp100 ribu

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, berkunjung ke Pasar Petanahan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Kamis, 9 Maret 2023. Dalam lawatannya, Jokowi menyempatkan beli baju koko seharga Rp100 ribu.

"Bajunya Rp100 ribu, Pak," ujar pedagang baju menawarkan kepada Jokowi seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi kemudian memberikan uang Rp200 ribu dengan pecahan Rp500 ribu.

"Gak usah dikembalikan," kata Jokowi kepada sang pedagang.

1. Prabowo beli peci

Kunjungi Pasar Petanahan Kebumen, Jokowi-Prabowo Beli Koko dan PeciPresiden Jokowi dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto berkunjung ke Pasar Petanahan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Prabowo Subianto menyempatkan juga menyempatkan diri belanja di sela-sela kunjungan itu. Dia membeli peci seharga Rp150 ribu. Prabowo kemudian memberikan Rp500 ribu untuk pedagang.

Dalam kunjungan ke Pasar Petanahan, Jokowi dan Prabowo juga didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Ajak Prabowo Tinjau Panen Padi dan Tambak di Jateng

2. Alasan Jokowi ajak Prabowo di peresmian tambak udang dan panen padi

Kunjungi Pasar Petanahan Kebumen, Jokowi-Prabowo Beli Koko dan PeciPresiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi mengajak Prabowo dalam lawatannya meresmikan tambak udang berbasis kawasan dan meninjau panen padi di Kebumen, Jawa Tengah. Hal itu mengundang beberapa pertanyaan. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin, mengatakan jika alasan Jokowi mengajak Prabowo agar memahami kondisi pangan di lapangan.

"Presiden ingin agar Pak Prabowo memahami masalah-masalah di lapangan yang dihadapi petani. Hal ini perlu diketahui Pak Prabowo mengingat beliau juga diberi tugas menangani food estate di Kalimantan Tengah," ujar Bey dalam keterangannya.

"Selain itu, tidak sedikit juga masyarakat yang ada di pulau terluar yang memilih profesi sebagai petani," sambungnya.

3. Jokowi ingin Prabowo terapkan tambak udang di pulau terluar Indonesia

Kunjungi Pasar Petanahan Kebumen, Jokowi-Prabowo Beli Koko dan PeciPresiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023). (dok. Sekretariat Presiden)

Bey mengatakan, Jokowi mengajak Prabowo di acara peresmian tambak udang berbasis kawasan di Kebumen, karena diharapkan hal itu bisa diterapkan di pulau terluar Indonesia.

"Untuk tambak udang, Presiden ingin agar Pak Prabowo dapat melihat peluang di pulau-pulau terluar yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, mengingat pulau terluar itu juga menjadi pertahanan negara," ujar dia.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian Panen Bersama di Kebumen

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya