Mahfud: Ada Pensiunan Jenderal Jadi Beking Mafia

"Banyak membeking orang, membekingi mafia."

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengatakan banyak kasus tambang tidak bisa diusut karena ada mafia yang menjadi beking tambang tersebut. 

"Yang saya katakan itu banyak kasus mafia, bukan hanya illegal mining, mafia tanah dan sebagainya, itu sulit sekali karena berkait kelindan, sesudah mau diselesaikan itu sulit ndak bisa. Lalu kenapa ndak bisa, di belakangnya ini, di banyak kasus. Dan banyak laporannya," ujar Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Kapolri Akan Periksa Petinggi Polri Beking Tambang Ismail Bolong

1. Singgung kasus korupsi Demokrat yang juga sulit diungkap hingga ke akar

Mahfud: Ada Pensiunan Jenderal Jadi Beking MafiaMenteri Koordinator Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD di acara Catatan Akhir Tahun Menko Polhukam. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Mahfud kemudian menyinggung kasus korupsi Demokrat yang juga sulit diungkap hingga ke akar. Hal itu karena ada sejumlah pihak yang diduga pelaku saling berkaitan.

"Saudara ini masalah rumit, sama dengan misalnya dulu kan ada seorang, waktu siapa, seorang oknum Partai Demokrat korupsi besar-besaran di dalam hasil pemeriksaannya, dia divonis di dalam bahan-bahan pertimbangan itu melibatkan beberapa pejabat ada menteri, ada dirjen, (ini) dapat sekian, (ini) dapat sekian banyak, itu tidak ditindaklanjuti oleh KPK," ucap dia.

"Saya datang ke KPK waktu zamannya Pak Taufiequrachman Ruki, saya protes lalu saya datang, kok ini tidak ditindalanjuti? Kan disebut dalam putusan itu bahwa melibatkan ini, melibatkan ini. Ya memang rumit karena misalnya si A itu seharusnya tersangka itu melibatkan si B si D. Sebelum si A tersangka selesai dulu si D, sebelum si D, selesai clear dulu B dan seterusnya dan seterusnya. Kerumitan itu lalu saya memahami ini tidak mudah," sambungnya.

Baca Juga: Pro-Kontra KUHP, Mahfud MD: Kalau Ada Pesimistis, Biarkan Saja

2. Singgung ada sejumlah pensiunan jenderal yang juga jadi beking mafia

Mahfud: Ada Pensiunan Jenderal Jadi Beking MafiaMenteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan, ada sejumlah pensiunan jenderal yang menjadi beking mafia. Oleh karena itu, dia meminta para beking itu untuk ditindak.

"Kemarin saya tanya kepada Pak Sesmenko. Pak itu tentara kalau sudah pensiun punya kekuatan apa, Pak? Kok dilaporan saya tuh banyak membeking orang, membekingi mafia. Jenderal ini lah jenderal ini. Ndak Pak, ndak punya kekuatan. Nah kalau begitu saya bilang ambil, saya sampaikan ke polisi, ambil," kata dia.

3. Mahfud minta Polri tidak membiarkan pensiunan aparat jadi beking

Mahfud: Ada Pensiunan Jenderal Jadi Beking MafiaMenteri Koordinator Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD di acara Catatan Akhir Tahun Menko Polhukam. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mahfud meminta kepada Polri untuk tidak membiarkan pensiunan aparat jadi beking. Dia menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk memberantas para beking dan mafia.

"Saya, Pak Kapolri, Pak Panglima (TNI) berkomitmen untuk menyelesaikan ini," imbuhnya.

Baca Juga: Mahfud: KUHP Bukan untuk Lindungi Jokowi 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya