Malam Nisfu Sya'ban Baca Surat Yasin 3 Kali, Ini Hukum dan Manfaatnya

Nisfu Sya'ban merupakan malam ampunan

Jakarta, IDN Times - Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) telah menetapkan 1 Sya’ban 1444 H jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023 Masehi. Artinya, malam Nisfu Sya'ban dimulai pada Selasa, 7 Maret 2023.

Nisfu Sya'ban merupakan malam istimewa dalam Islam. Sebab, Allah SWT akan mengampuni setiap dosa hambanya, kecuali dosa musyrik dan munafik yang menjadi penyebab perpecahan.

Biasanya, umat Islam khususnya warga Nahdliyin (NU) membaca Surat Yasin di malam Nisfu Sya'ban sebanyak tiga kali. Lalu, bagaimana hukumnya?

Baca Juga: Kapan Puasa Nisfu Sya'ban 2023? Catat Tanggal dan Bacaan Niatnya

1. Membaca Surat Yasin di malam Nisfu Sya'ban disertai doa, Allah senang hamba yang bermunajat

Malam Nisfu Sya'ban Baca Surat Yasin 3 Kali, Ini Hukum dan ManfaatnyaIlustrasi Al-Qur'an dan Buku Yasin (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dilansir dari laman jatim.nu.or.id, membaca Surat Yasin di malam Nisfu Sya'ban tak masalah. Sebab, Yasin merupakan salah satu surat di dalam Al-Qur'an.

Yasin juga merupakan surat yang mulia, karena di dalamnya mengandung nasihat dan pelajaran. Hal tersebut juga dijelaskan oleh Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas al-Maliki berikut ini: 


 لكن لا مانع أن يضيف الإنسان إلى عمله مع إخلاصه مطالبه وحاجاته الدينية والدنياوية، الحسية والمعنوية، الظاهرة والباطنة، ومن قرأ سورة يس أو غيرها من القرآن لله تعالى طالبا البركة في العمر، والبركة في المال، والبركة في الصحة فإنه لا حرج عليه، وقد سلك سبيل الخير (بسرط أن لا يعتقد مشروعية ذلك بخصوصه) فليقرأ يس ثلاثا، أو ثلاثين مرة، أو ثلاث مئة مرة، بل ليقرأ القرآن كله لله تعالى خالصا له مع طلب قضاء حوائجه وتحقيق مطالبه وتفريج همّه وكشف كربه، وشفاء مرضه وقضاء دينه، فما الحرج في ذلك...؟.. والله يحب من العبد أن يسأله كل شئ، حتى ملح الطعام وإصلاح شسع نعله

 
Artinya: Tapi tak ada larangan bagi seseorang yang mengiringi amal salihnya dengan permintaan dan permohonan hajat agama dan dunia, jiwa dan raga, lahir dan batin. Siapa saja yang membaca surat Yasin atau surat lainnya dengan ikhlas lillahi ta‘ala sambil memohon keberkahan pada usia, harta, dan kesehatan, maka hal itu tak masalah. Artinya, orang ini telah menempuh jalan yang baik (dengan catatan ia tidak meyakini bahwa amal salihnya itu disyariatkan secara khusus untuk hajat tersebut). Silakan membaca surat Yasin 3 kali, 30 kali, 100 kali, atau mengkhatamkan 30 juz Al-Quran secara ikhlas lillahi ta‘ala diiringi dengan permohonan atas segala hajat, doa agar harapan terwujud, permintaan agar dibukakan dari kebimbangan, pengharapan agar dibebaskan dari kesulitan, permohonan kesembuhan dari penyakit, permintaan kepada Allah agar utang terbayar. Lalu di mana masalahnya? Allah senang terhadap hamba-Nya yang bermunajat kepada-Nya atas pemenuhan hajat apapun termasuk hajat atas garam pelengkap masakan dan hajat atas tali sandal yang rusak. (Lihat: Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al-Maliki, Ma Dza fi Sya‘ban? Cetakan pertama, 1424 H, halaman: 119).

Sayyid Muhammad bin Alwi juga mengatakan, para hamba Allah SWT boleh saja memohon doa apa saja untuk memenuhi hajatnya, sesuai dengan keikhlasan amalan tertentu.

Baca Juga: 10 Amalan Nisfu Sya’ban dan Hukumnya dalam Islam

2. Perbanyak istigfar

Malam Nisfu Sya'ban Baca Surat Yasin 3 Kali, Ini Hukum dan Manfaatnyailustrasi berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Sementara itu, dilansir dari NU Online, Sayyid Muhammad bin Alwi menjelaskan, istigfar juga merupakan salah satu amalan utama yang harus dibiasakan umat Islam. Istigfar juga bisa dilafalkan setiap Nisfu Sya'ban.

"Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan,” kata Sayyid Alawi.

3. Tiga permohonan di malam Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya'ban Baca Surat Yasin 3 Kali, Ini Hukum dan Manfaatnyailustrasi berdoa (IDN Times/Aditya Pratama)

Ketua Umum Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama KH Zakki Mubarok mengatakan, umat Islam cukup melakukan tiga permohonan di malam Nisfu Sya'ban.

"Umur panjang yang bermanfaat, perolehan rezeki yang halal, dan wafat membawa iman, sudah lebih dari cukup,” ujar Zakki dilansir NU Online.

Menurutnya, tiga permohonan itu merupakan bagian dari kesempurnaan hidup. Selain itu, dia juga mendukung membaca Surat Yasin tiga kali di malam Nisfu Sya'ban.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya