Masjid Istiqlal Sembelih Sapi Kurban Jokowi-Ma'ruf Senin Besok

Sapi kurban Jokowi jenis super limosin berat 1,4 ton

Jakarta, IDN Times - Masjid Istiqlal menerima sejumlah sumbangan sapi kurban dari masyarakat pada Idul Adha 1443 Hijriah. Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga turut memberikan sumbangan sapi kurban di Masjid Istiqlal.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, pada tahun ini Masjid Istiqlal menerima 32 ekor sapi dan 16 kambing. Untuk sapi Jokowi dan Ma'ruf akan disembelih Senin besok. Jokowi memberikan sapi kurban jenis super limosin dengan berat 1,4 ton.

"Pertama kurban dari Presiden itu tadi satu ekor yang sangat besar. Kemudian itu sudah dites beberapa kali, sehingga betul betul sehat. Di sini ada 32 ekor sapi dan 16 kambing, dan ini kami sampaikan bahwa kita akan sembelih di sini hanya sebatas karyawan seperti cleaning service dan sekuriti kita," ujar Nasaruddin di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Baca Juga: Jokowi Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Bareng Para Menteri

1. Masjid Istiqlal akan salurkan hewan kurban ke tempat lain

Masjid Istiqlal Sembelih Sapi Kurban Jokowi-Ma'ruf Senin BesokPresiden Jokowi memberikan pernyataan usai Salat Iduladha pada Minggu (10/7/2022). (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Selain menyembelih langsung, Masjid Istiqlal juga akan menyalurkan hewan kurban ke tempat lain. Dia menegaskan, tak ada antrean pembagian hewan kurban di Masjid Istiqlal.

"Nanti hewan hewan itu kita akan salurkan ke masjid yang sudah didata, mana yang paling tepat untuk kita berikan, jadi di sini gak ada pembagian antre daging, tapi kita berikan ke masjid yang memang pantas untuk mendapatkan hewan itu," ucap dia.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

2. Jokowi melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Sembelih Sapi Kurban Jokowi-Ma'ruf Senin BesokPresiden Joko "Jokowi" Widodo mengikuti Salat Idul Adha bersama para menteri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022). (IDN Times/Muhammad Ilman Na'fian)

Diketahui, Presiden Jokowi melaksanakan salat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal. Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Selain Jokowi, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat lainnya turut melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Kemudian ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Sekretaris Negara Pratikno hingga Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

3. Ada 100 ribu jemaah ikut melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Sembelih Sapi Kurban Jokowi-Ma'ruf Senin BesokNasaruddin Umar, Imam Masjid Istiqlal (IDN Times/Aldila Muharma)

Nasaruddin mengatakan, Masjid Istiqlal memiliki daya tampung lebih dari 200 ribu jemaah. Pada hari ini, ada 100 ribu jemaah yang melaksanakan salat Idul Adha.

"Kita di sini kan kapasitas 210 ribu, tadi laporan sekitar 100 ribuan (jemaah)," kata Nasaruddin.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya