Megawati Diusulkan Jadi Capres, Pengamat: Lebih Baik Jadi King Maker

Kalau Mega maju jadi capres, belum tentu menang juga

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, diusulkan menjadi calon Presiden (capres) 2024. Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komaruddin, mengatakan, Megawati sebaiknya jadi peramu atau king maker strategi pemenangan capres dari PDIP.

"Apa tidak malu tidak memberikan kesempatan yang lebih muda-muda soal regenerasi? Tapi itu hak Megawati juga, hak PDIP untuk mencalonkan diri. Kita tidak bisa menghalangi itu, tapi saya katakan ya king maker, Mega memenangkan saja. Misalnya yang diusung Puan, ya menangkan Puan saja. Itu lebih bijak dan dihormati oleh seluruh rakyat Indonesia," ujar Ujang kepada IDN Times, Jumat (13/1/2023).

Baca Juga: Megawati Diusulkan Jadi Capres di Pemilu 2024, Ini Kata PDIP

1. Pemilih 2024 mayoritas kaum muda, butuh capres yang fresh

Megawati Diusulkan Jadi Capres, Pengamat: Lebih Baik Jadi King MakerTwitter/UiUkom

Ujang mengatakan, pada Pemilu 2024, mayoritas pemilih adalah kaum muda. Oleh karena itu, capres yang seharusnya maju juga sosok yang tidak terlalu tua.

"Pemilu 2024 nanti, 55 persen lebih hampir 60 persen itu pemilih milenial, pemilih muda, tentu membutuhkan, ya, mohon maaf capres-cawapres yang fresh, muda," ucap dia.

Meski demikian, Ujang tak mempermasalahkan apabila nantinya Megawati maju sebagai capres. Sebab, konstitusi tidak melarangnya.

"Ya,  ada usulan mereka maju lagi, ya itu kan silakan-silakan saja, kan konstitusi juga tidak melarang. Kalau mau maju silakan, tapi apakah itu bisa menang atau tidak kan lain lagi," kata dia.

Baca Juga: Megawati Tak Tergiur Umumkan Capres 2024 di HUT ke-50 PDIP

2. Megawati diusulkan jadi capres

Megawati Diusulkan Jadi Capres, Pengamat: Lebih Baik Jadi King MakerKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sebelumnya, Megawati diusulkan menjadi capres di Pemilu 2024 oleh Co-Founder Total Politik Budi Adiputro. Budi menyampaikan usulan itu dalam acara diskusi politik di Jakarta, Sabtu (7/1/2023).

Dalam diskusi itu, Budi menanyakan kepada Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga apakah usulannya masuk akal atau tidak.

"Idenya masuk akal, gak?" tanya Budi.

Baca Juga: Politikus PDIP Ungkap Alasan Megawati Belum Umumkan Capres PDIP

3. PDIP anggap masuk akal

Megawati Diusulkan Jadi Capres, Pengamat: Lebih Baik Jadi King MakerIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam kesempatan itu, Eriko menyebut usulan tersebut masuk akal. Sebab, keputusan siapa yang akan menjadi capres 2024 dari PDIP berada sepenuhnya di tangan Megawati.

"Sangat masuk akal. Karena gini, tak ada yang salah bahwa beliau diberi kesempatan untuk diberi hak sepenuhnya untuk memutuskan. Apakah dirinya sendiri sebagai ketum atau berikan haknya. Sama seperti tahun 2014 beliau beri haknya pada Pak Jokowi," ucap dia.

Baca Juga: PDIP Belum Umumkan Capres, Pakar Politik UGM: Sinyal Usung Ganjar 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya