Menpora Tindak Lanjut Arahan Jokowi Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Menpora langsung koordinasi dengan Kapolri dan Ketum PSSI

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan olahraga (Menpora), Zainudi Amali, mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti perintah Presiden Joko "Jokowi" Widodo, untuk menginvestigasi tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (2/10/2022) malam.

"Bapak Presiden telah memberikan arahan melalui Mensesneg kepada Menpora dan Kapolri untuk segera menginvestigasi secara serius kejadian ini, dan mengusut tuntas apa yang menjadi penyebab terjadinya kerusuhan ini," ujar Amali dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga: Kerusuhan Kanjuruhan, Panpel Sampaikan Maaf 

1. Jokowi perintahkan jajarannya untuk pergi ke Malang

Menpora Tindak Lanjut Arahan Jokowi Investigasi Tragedi KanjuruhanMenpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Dalam kesempatan itu, Amali mengatakan, Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk segera pergi ke Malang. Hal itu dilakukan untuk memudahkan investigasi.

"Menindaklanjuti arahan tersebut, saya segera berkoordinasi dengan Kapolri dan Ketua Umum PSSI untuk segera mengambil langkah penanganan secara cepat dan tepat," ujar dia.

Amali berharap, peristiwa serupa tidak terjadi lagi. Dia menegaskan, evaluasi itu akan dilakukan secara menyeluruh.

Baca Juga: Jokowi Minta Kapolri Investigasi dan Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan 

2. Jokowi minta PSSI hentikan sementara Liga 1

Menpora Tindak Lanjut Arahan Jokowi Investigasi Tragedi KanjuruhanPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Rabu (4/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1. Hal itu imbas dari tewasnya 129 orang atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (2/10/2022).

Jokowi memerintahkan, Menpora, Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk segera melakukan evaluasi.

"Khusus kepada Kapolri, saya minta investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Minta PSSI Hentikan Sementara Liga 1 Imbas Tragedi Kanjuruhan

3. Jokowi minta korban luka tragedi Kanjuruhan diberi perawatan terbaik

Menpora Tindak Lanjut Arahan Jokowi Investigasi Tragedi KanjuruhanPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Rabu (4/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memerintahkan kepada Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk memberikan perawatan terbaik terhadap korban tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

"Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor, khususnya layanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik," ucapnya.

Baca Juga: Ada Regulasi FIFA yang Dilanggar dalam Tragedi Kanjuruhan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya