Momen Idul Adha, Jokowi Doakan Jemaah Haji Indonesia

Jokowi mendoakan agar jemaah RI diberi kesehatan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo di momen Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, mendoakan jemaah haji Indonesia. Jokowi berharap, jemaah Indonesia yang sedang melaksanakan ibadah haji diberikan keselamatan.

"Tadi kita berdoa bersama agar saudara-saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji supaya diberikan keselamatan, diberikan kesehatan, kesabaran dan nanti kembali ke Tanah Air dalam keadaan selamat dan membawa haji yang mabrur," ujar Jokowi usai salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Baca Juga: Jokowi Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Bareng Para Menteri

1. Jokowi maknai Hari Raya Idul Adha sebagai sebuah ketauhidan

Momen Idul Adha, Jokowi Doakan Jemaah Haji IndonesiaPresiden Jokowi Serahkan sapi kurban di Masjid Istiqlal (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebutkan, Hari Raya Idul Adha bermakna sebagai sebuah ketauhidan. Dia juga mengajak umat Muslim untuk menebar kebaikan sebanyak-banyaknya.

"Menebarkan rasa bahagia yang sebanyak-banyaknya pada kanan kiri kita. Bukan hanya berkurban dalam menyembelih hewan kurban, tetapi maknai yang tadi saya sampaikan adalah hal lebih penting untuk bisa kita lakukan," ucap dia.

Baca Juga: Jelang Salat Idul Adha, Masjid Istiqlal Dijaga Ketat Paspampres

2. Jokowi serahkan sapi kurban super limosin ke Masjid Istiqlal

Momen Idul Adha, Jokowi Doakan Jemaah Haji IndonesiaPresiden Jokowi Serahkan sapi kurban di Masjid Istiqlal (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Usai melaksanakan salat Idul Adha, Presiden Jokowi menyerahkan sapi hewan kurban ke Masjid Istiqlal, Jakarta. Penyerahan itu dilakukan setelah pelaksanaan salat Idul Adha.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menerima sapi yang diserahkan oleh Jokowi. Sapi yang diberikan Jokowi memiliki berat 1,4 ton.

3. Sapi kurban Jokowi akan disembelih Senin besok

Momen Idul Adha, Jokowi Doakan Jemaah Haji IndonesiaSapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal berjenis super limosin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Masjid Istiqlal akan menyembelih hewan kurban esok hari. Termasuk sapi kurban dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, pada tahun ini Masjid Istiqlal menerima 32 sapi dan 16 kambing. Untuk sapi Jokowi dan Ma'ruf akan disembelih besok.

"Pertama kurban dari Presiden itu tadi satu ekor yang sangat besar. Kemudian itu sudah dites beberapa kali, sehingga betul betul sehat. Di sini ada 32 ekor sapi dan 16 kambing, dan ini kami sampaikan bahwa kita akan sembelih di sini hanya sebatas karyawan seperti cleaning service dan sekuriti kita," ujar Nasaruddin.

Selain menyembelih langsung, Masjid Istiqlal juga akan menyalurkan hewan kurban ke tempat lain. Dia menegaskan, tak ada antrean pembagian hewan kurban di Masjid Istiqlal.

"Nanti hewan hewan itu kita akan salurkan ke masjid yang sudah didata, mana yang paling tepat untuk kita berikan, jadi di sini gak ada pembagian antre daging, tapi kita berikan ke masjid yang memang pantas untuk mendapatkan hewan itu," ucap dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya