Mundur dari Partai Solidaritas Indonesia, Rian Ernest: Keputusan Berat

Rian Ernest menyebut PSI rumah yang hangat

Jakarta, IDN Times - Politikus muda Rian Ernest menyatakan mundur dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Keputusan itu diumumkan Rian melalui tayangan video yang diunggah di akun Facebook-nya.

Mulanya, Rian menyampaikan kalau PSI merupakan rumah yang nyaman dalam berpolitik. Dia juga mengucapkan kepada semua pihak yang telah memberi masukan dan kritik selama 4 tahun bergabung bersama PSI.

"Saya mau mengucapkan terima kasih kepada Partai Solidaritas Indonesia, yang telah menjadi rumah begitu hangat dan nyaman bagi saya selama 4 tahun ini," ujar Rian dalam pernyataannya seperti dikutip IDN Times, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Dulu Ketum, Grace Natalie Kini Jabat Plt DPW PSI Jakarta 

1. Keluar dari PSI keputusan berat

Mundur dari Partai Solidaritas Indonesia, Rian Ernest: Keputusan BeratJuru bicara DPP PSI, Rian Ernest (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Rian tak menjelaskan secara detail alasannya keluar dari PSI. Namun, kata dia, keluar dari PSI adalah keputusan yang berat.

"Melalui video ini, saya menyatakan pengunduran diri saya dari Partai Solidaritas Indonesia, meski berat, saya meyakini ini adalah keputusan benar demi langkah politik saya ke depannya," ucap dia.

Baca Juga: Tsamara Amany Umumkan Keluar dari PSI, Bukan Pindah ke Parpol Lain

2. Rian akan tetap berada di jalur politik

Mundur dari Partai Solidaritas Indonesia, Rian Ernest: Keputusan BeratInstagram.com/@rianernest

Rian menegaskan, dirinya akan tetap berada di jalur politik setelah keluar dari PSI. Namun, dia tidak menjelaskan akan pindah ke partai politik mana setelah lepas dari PSI.

"Meski mundur dari PSI, namun perjuangan saya menyuarakan aspirasi, merumuskan kebijakan dan mencerdaskan rakyat tidak pernah henti, negara besar dan potensi luar biasa seperti Indonesia perlu cara-cara politik lebih baik dan saya akan terus berada di politik," kata dia.

3 Michael Sianipar juga mengundurkan diri

Mundur dari Partai Solidaritas Indonesia, Rian Ernest: Keputusan BeratIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PSI DKI Jakarta Michael Victor Sianipar juga mundur dari PSI. DPP PSI menyatakan menerima pengunduran diri Michael, sekaligus mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusi Michael selama memimpin PSI Jakarta.

"Sebagai pengganti, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Sis Grace Natalie, akan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW PSI DKI Jakarta," ujar Sekjen PSI, Dea Tunggaesti dalam keterangannya, Selasa (6/12/2022).

Michael menyatakan, pengunduran dirinya karena perjuangan politiknya sudah tak dapat dilanjutkan di PSI.

"Saya bergabung di PSI sejak tahun 2015, dan pernah juga menjadi pengurus dari tingkat kota hingga DPP. Banyak hal yang sudah saya lakukan bersama rekan-rekan di PSI. Namun dengan berat hati, sudah saatnya saya mengundurkan dari dari partai yang saya cintai ini," kata Michael dalam keterangan tertulis.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya