Tsamara Amany Umumkan Keluar dari PSI, Bukan Pindah ke Parpol Lain

"Ini waktunya saya memulai perjalanan baru di luar politik"

Jakarta, IDN Times - Setelah selama lima tahun bergabung di Partai Solidaritas Indonesia (PSI), politikus muda Tsamara Amany memutuskan pamit. Ia menyampaikan pengunduran diri melalui sebuah video yang diunggah di akun media sosialnya, Senin (18/4/2022) ini, dengan judul "Terima Kasih PSI."

Tsamara mengaku mundur dari parpol yang membesarkan namanya itu karena keinginannya sendiri. 

"Per hari ini, 18 April 2022, saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader PSI. Keputusan ini saya ambil atas dasar pertimbangan pribadi. Saya merasa dan membutuhkan perjalanan baru di luar partai politik," ungkap Tsamara seperti dikutip dari akun YouTubenya, hari ini. 

Ia mengaku ingin lebih fokus dan mengabdi dalam menyuarakan isu-isu perempuan. Padahal, isu tersebut juga sudah getol dikampanyekan oleh Tsamara saat berada di PSI.

"Ini bukan berarti saya merendahkan peran PSI dalam membawa perubahan. Saya tetap percaya, seperti ketika dulu bergabung di PSI, partai politik adalah cara masuk akal untuk membuat perubahan dalam skala besar," tutur dia. 

Namun, menurut Tsamara, hal tersebut tidak cukup. Ia mengaku ingin mengeksplorasi hal baru di luar partai politik. 

Sempat beredar informasi bahwa Tsamara memutuskan keluar dari PSI karena hendak ditarik menjadi bagian dari tim kampanye salah satu capres pada Pemilu 2024 mendatang. 

Apakah ini menandakan Tsamara hendak bergabung ke partai politik lainnya?

1. Tsamara bantah hendak bergabung ke parpol lain

Tsamara Amany Umumkan Keluar dari PSI, Bukan Pindah ke Parpol LainInstagram/@tsamaradki

Tsamara menegaskan, hingga saat ini ia tak memutuskan untuk pindah dan bergabung ke parpol lainnya. Ia pun menggarisbawahi sudah menjalin komunikasi dengan DPP PSI ketika memutuskan mundur. 

"Perlu ditegaskan, bahwa saya keluar dari PSI dengan cara baik-baik, tanpa konflik apapun dan perbedaan pandangan," ujar perempuan berusia 26 tahun itu. 

Ia juga menyebut alasan pengumuman kemundurannya melalui video bukan berarti karena ia berkonflik dengan PSI. Melainkan, karena saat ini ia sedang berada di New York, Amerika Serikat. Suami Tsamara diketahui menjadi pengajar di sebuah kampus di sana. 

"Keputusan ini murni keputusan pribadi yang saya rasa perlu diambil dari hidup saya," kata dia. 

Baca Juga: 7 Fakta tentang Tsamara Amany yang Dikabarkan Keluar dari PSI

2. Tsamara ucapkan terima kasih kepada PSI yang menjadi rumah baginya mengenal politik

Tsamara Amany Umumkan Keluar dari PSI, Bukan Pindah ke Parpol Lain(Politisi muda Tsamara Amany) www.instagram.com/@tsamaradki

Lebih lanjut, di dalam video itu, Tsamara mengucapkan terima kasih kepada semua petinggi dan pengurus PSI. Sebab, saat awal bergabung ke PSI, Tsamara masih duduk di bangku kuliah di Universitas Paramadina. 

"Selama lima tahun ini, PSI sudah memberikan saya berbagai macam kesempatan di dalam dunia politik. PSI akan selalu menjadi cinta pertama saya dalam politik. Akan selalu menjadi rumah di mana saya belajar mengenal dunia politik," tutur dia. 

"Tanpa PSI, saya tidak akan mungkin berjalan sejauh ini," ujarnya lagi. 

3. Tsamara Amany diisukan keluar karena jadi bagian dari tim pemenangan salah satu capres

Tsamara Amany Umumkan Keluar dari PSI, Bukan Pindah ke Parpol Lain(Billboard caleg Tsamara Amany) Istimewa

Beberapa waktu lalu sempat muncul informasi bahwa Tsamara hendak keluar dari PSI karena diajak menjadi bagian dari tim pemenangan salah satu kandidat capres pada Pemilu 2024. Kandidat capres yang diisukan akan dibantu Tsamara adalah Erick Thohir. Ketika dikonfirmasi kepada Tsamara pada 9 April 2022 lalu, ia enggan menanggapi. 

Sedangkan, Juru Bicara PSI Sigit Widodo mengaku tidak tahu bila Tsamara bakal mendukung Erick Thohir pada Pemilu 2024.

"Kurang tahu kalau itu (jadi bagian tim pemenangan Erick Thohir). Tapi, Pak Erick Thohir kan masuk salah satu dari sembilan tokoh yang masuk ke Rembuk Rakyat PSI. Ada yang merapat ke Ganjar. Selama PSI belum menentukan pilihan capres, seharusnya nggak masalah sih," ujar Sigit kepada IDN Times melalui pesan pendek pada 9 April 2022 lalu. 

Baca Juga: [CEK FAKTA] Tsamara Amany Keluar PSI, Dukung Erick Thohir di 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya